EFEKTIFITAS METODE PERNAFASAN PADA PASIEN ASMA

Drwox.com – Bernafas merupakan hal yang mudah dan selalu dilakukan setiap orang, namun pada penderita asma terkadang bernafas menjadi sangat sulit dan melelahkan terutama bila terjadi serangan asma. Saat ini banyak sekali metode pernafasan yang dikenalkan pada penderita asma, namun bagaimanakah efektifitas metode pernafasan tersebut?

Asma merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan penyumbatan aliran udara pernafasan, peradangan saluran nafas dan hiperresponsifnya saluran pernafasan. Pada saat terjadi serangan asma, maka penderita akan merasa nafas terasa sulit dan berat, tidak lampias, batuk-batuk, sulit bicara, nafas pendek-pendek, tampak bingung, bahkan penurunan kesadaran.

Banyak penderita asma yang khawatir akan penggunaan obat kortikosteroid inhalasi (hirup) yang harus digunakan secara teratur agar asma mereka tidak kambuh, karena pemakaian obat tersebut dalam jangka waktu lama juga memiliki efek samping. Kekhawatiran ini juga memperburuk kondisi psikis mereka, sehingga menyebabkan pasien asma jadi cemas, stres, takut dan selalu was-was akan kondisi penyakitnya. Banyak pula penderita asma yang mencari obat alternatif lain selain medis, namun menurut penelitian hingga saat ini obat medis merupakan obat yang paling efektif dalam mengobati asma.

METODE PERNAFASAN PADA PASIEN ASMAMenurut Thomas dkk (2009) metode pernafasan dalam mengobati asma terbukti bermanfaat dalam meningkatkan status kesehatan penderita asma, mengurangi kekhawatiran yang muncul, membuat penderita asma lebih siap dalam menghadapi asma, namun ternyata tidak mengubah kondisi patofisiologi dan peradangan yang terjadi pada saluran pernafasan penderita asma. Dengan metode pernafasan, penderita asma memang dapat mengurangi pemakaian bronkodilator (pelega nafas), namun belum menyebabkan perubahan berarti pada saluran nafas penderita, dengan kata lain saluran nafaspenderita asma tetap mengalami hiperresponsif, sumbatan aliran udara dan peradangan pada saluran nafas. Sehingga, kesimpulannya adalah metode pernafasan dinilai cukupefektif dalam membantu pengobatan asma, bila disertai dengan konsumsi obat-obat dari dokter. Metode pernafasan membantu penderita asma agar dapat menjalani hidup dengan lebih fit, dan bugar.

Referensi:

  1. Thomas,M dkk. 2009. Breathing Exercises for Asthma: A Rondomised Control Trial. Thorax 2009;64:55-61. An International Journals of Respiratory Medicine. Diakses dari http://thorax.bmj.com/content/64/1/55.full
  2. Thomas, M; Bruton, A. 2006. Breathing Therapies and Bronchodilator Use in Asthma. Thorax 2006;61:643-645. An International Journals of Respiratory Medicine. Diakses dari http://thorax.bmj.com/content/61/8/643.1.full?sid=ebf33044-6d0e-490c-addd-bfd231afeb27

Add Comment