Faktor Penyebab Bayi Lahir Cacat

Ada banyak sekali faktor penyebab bayi lahir cacat.6% dari kelahiran di seluruh dunia, sekitar 7,9 juta bayi dilahirkan dalam keadaan cacat pada setiap tahunnya. Diperkirakan bayi cacat yang lahir tersebut, pada masa kehamilannyaibu tidak mengalami kegagalan janin dan masalah kehamilan.Cacat pada bayi biasanya dibagi dalam bentuk-bentuk seperti berikut:

1. Cacat pada jantung, di mana pada jantung terdapat lubang yang tidak semua terdeteksi saat lahir.
2. Cacat pada tangan dan kaki, yaitu kelebihan jumlah jari atau kekurangan jumlah jari, kelainan posisi tangan dan kaki, dan kaki kurang panjang.
3. Cacat anggota badan, saraf tulang belakang dan jantung. Cacat jenis ini paling banyak dialami oleh bayi cacat yang lahir.
4. Cacat pada wajah, seperti bentuk hidung tidak sempurna dan bibir sumbing serta masalah yang berpengaruh pada organ-organ seksual dan perkembangan perut dan usus.
5. Permasalahan yang terjadi pada kecerdasan anak dan mental atau down syndrom.
6. Cacat pada sum-sum tulang belakang.Faktor Penyebab Bayi Lahir Cacat

Berikut adalah faktor penyebab bayi lahir cacat :
7. Faktor Lingkungan
Faktor lingkungan seperti alkohol, obat-obatan, rokok, penyakit, dan radiasi bisa menjadi penyebab bayi lahir cacat.Sebaiknya saat hamil hindari sinar matahari secara langsung apalagi terlalu sering dan hindari pula berdekatan dengan zat-zat kimia.

8. Faktor Keturunan atau Genetika
Pada 25 kasus dari 100 kecacatan yang terjadi pada bayi, diantaranya disebabkan oleh masalah keturunan atau genetika.Faktor keturunan atau genetik adalah salah satu faktor penyebab bayi lahir dalam keadaan cacat. Akan tetapi ini tidak berarti bahwa orang tua yang cacat juga akan melahirkan bayi cacat. Bisa jadi salah satu orang tua bayi adalah pembawa gen cacat tertentu. Akan ada baiknya jika sebelum memilih pasangan Anda melihat riwayat kecacatan dalam keluarga calon pasangan.

9. Faktor Lain
Ada faktor lain penyebab bayi lahir cacat, akan tetapi sampai sekarang belum diketahui apa saja faktor lain dapat menyebabkan bayi lahir cacat.

Sebaiknya saat ibu hamil hindari merokok dan minum minuman alkohol. Merokok dan minum minuman alkohol sangat berbahaya untuk kondisi janin di dalam kandungan.Hindari juga berdekatan dengan orang yang sedang merokok.Jangan konsumsi obat-obatan saat ibu sedang hamil. Obat-obatan yang di konsumsi ketika hamil,akan berdampak buruk pada bayi yang akan dilahirkan. Obat-obatan mengandung dosis tinggi dan bahan yang berbahaya yang tidak baik untuk perkembangan dan pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Saat hamil hentikan pula konsumsi makanan instan seperti mie, makanan kaleng dan sebagainya. Makanan instan tidak memiliki kandungan yang bermanfaat untuk janin di dalam kandungan. Hindari pula penggunaan penyedap rasa atau MSG saat membuat makanan, karena bisa saja makanan tersebut menjadi salah satu penyebab bayi lahir cacat.

Demikian adalah beberapa penyebab bayi lahir cacat.Semoga bermanfaat dan bisa menghindarikan bayi anda dari kelahiran yang tidak sempurna atau cacat.

Add Comment