Inilah Faktor Penyebab Bayi Prematur Yang Perlu Anda Ketahui Untuk Menghindari Kelahiran Bayi Prematur

drwox.com – Ibu hamil biasanya akan sangat merasa bahagia sekaligus berharap cemas. Kehadiran seorang bayi yang selama ini diinginkan, harus dijaga selama masa kehamilan, dengan harapan terlahir dengan sehat, normal dan sempurna. Banyak faktor agar bayi bisa terlahir sempurna dan sehat, akan tetapi terkadang tidak banyak diketahui, sehingga menyebabkan berbagai permasalahan selama masa kehamilan ataupun saat melahirkan. Salah satunya adalah bayi prematur, bayi prematur adalah bayi yang terlahir sebelum masa kelahiran yang ideal.

Ada beberapa penyebab bayi prematur yang harus anda pahami, sehingga anda bisa menghindari hal ini.Di bawah ini adalah ulasan mengenai penyebab bayi prematur untuk anda.

  • Ibu yang tidak sehat

Kesehatan seorang ibu sangat berpengaruh terhadap kesehatan janin yang dikandungnya.Ibu yang tidak sehat bisa menjadi salah satu penyebab bayi prematur.Ibu yang memiliki penyakit hipertensi atau preklamsia saat masa kehamilan, bisa menyebabkan bayi terlahir prematur.

Selain itu, ibu yang memiliki penyakit diabetes juga bisa menjadi salah satu penyebab bayi prematur.Sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus, jika anda memiliki beberapa riwayat penyakit di atas.Tidak hanya itu saja, kesehatan organ reproduksi juga turun berperan menjaga kesehatan janin selama masa kehamilan.

penyebab bayi prematur

  • Ibu yang perokok

Seorang ibu hamil yang merokok, akan memiliki kemungkinan melahirkan bayi prematur cukup tinggi. Rokok sendiri memiliki kandungan zat yang berbahaya, yang bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya.Termasuk bisa menjadi salah satu penyebab bayi prematur.

Jika saat ini anda memiliki kegemaran merokok, maka hentikan sekarang juga.Selain perokok aktif, anda juga harus menghindari dari orang-orang yang merokok, sehingga tidak menjadi perokok pasif, karena keduanya sama-sama bisa membahayakan kandungan anda.

  • Kondisi janin

Kondisi janin yang tidak baik juga bisa menjadi penyebab bayi prematur.Permasalahan yang bisa terjadi pada janin seperti adanya simpul pada tali pusat sehingga menyebabkan janin terlambat berkembang. Selain itu juga asupan nutrisi yang kurang pada janin bisa menyebabkan hal yang sama. Oleh sebab itu, saat sedang hamil, jangan hanya memperhatikan apa yang anda makan untuk kebutuhan anda saja, tapi juga untuk janin anda.

  • Keadaan psikologis

Kondisi atau keadaan psikologis dari sang ibu juga turut menjadi faktor kesehatan janin. Seorang ibu yang tidak dalam kondisi psikologis yang baik, bisa menjadi salah satu penyebab bayi prematur. Sebagai contoh jika ibu mengalami rasa cemas yang berlebihan, bahkan hingga depresi, hal ini bisa menjadi salah satu faktor bayi yang dikandungnya terlahir dengan prematur.

Demikian adalah beberapa penyebab bayi prematur, setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, akan lebih baik jika anda menghindari segala macam hal yang bisa menjadi penyebab bayi prematur. Selain itu, ada baiknya jika anda rutin memeriksakan kandungan anda ke dokter, sehingga anda bisa memantau tumbuh kembang janin.

Add Comment