Faktor Penyebab Keputihan Yang Berlebihan

Faktor Penyebab Keputihan Yang Berlebihan – Memang salah satu masalah yang kerap dialami oelh wanita yang telah dewasa adalah mengalami keputihan. Keputihan ini sendiri yang terjadi pada area organ reproduksi ini bisa terdiri atas dua macam. Yaitu keputihan normal yang biasanya ditandai dengan adanya cairan yang tidak lengket, tidak berbau dan tidak menimbulkan gatal pada area kewanitaan, dan juga keputihan abnormal. Nah, yang perlu diwaspadai ini adalah jika anda mengalami keputihan yang abnormal. Mengapa hal ini perlu diwaspadai? Hal ini dikarenakan keputihan yang abnormal ini bisa jadi merupakan sinyal negatif dari dalam tubuh anda.

Keputihan yang abnormal ini ditandai dengan adanya cairan yang keluar dari organ reproduksi namun berbau, lengket, dan bahkan memiliki warna yang tidak bening. Bisa jadi putih seperti susu, hingga adanya gumpalan seperti daging, hingga berwarna hijau dan berbau sangat menyengat. Tentu saja hal ini bisa terjadi dikarenakan beberapa faktor yang menjadi penyebab utama keputihan ini. Berikut adalah faktor penyebab keputihan yang berlebihan yang bisa anda ketahui.

Faktor Penyebab Keputihan Yang Berlebihan

  1. Stress

Jangan remehkan stress yang kerap mendera pikiran dan emosi ini, karena memang akibatnya cukup andil besar terhadap kesehatan tubuh anda. termasuk menjadi salah satu penyebab keputihan abnormal. Stress yang berlebih ini selain akan mengganggu pikiran dan ketenangan anda, juga akan mempengaruhi kinerja organ tubuh anda. hingga bisa menjadi penyebab utama keputihan abnormal, karena produksi hormon dalam tubuh menjadi kacau dan tidak stabil.

  1. Penggunaan celana yang salah

Faktor selanjutnya bisa anda perhatikan dari faktor ekstern. Yaitu penggunaan celana yang ketat. Celana yang ketat, selain akan memberikan rasa yang tidak nyaman si penggunanya, juga akan menyebabkan kulit area kewanitaan menjadi panas, dan juga mengeluarkan keringat yang banyak. Maka hal inilah yang menyebabkan keputihan tak bisa terhindarkan.

  1. Gula darah tinggi

Cek kadar gula darah dalam tubuh anda, apakah normal atau termasuk yang tinggi. jika kadar gula darah anda tinggi, bisa jadi inilah yang menjadi penyebab keputihan abnormal datang pada tubuh anda. selain bisa menyebabkan penyakit diabetes, gula darah yang tinggi ini, bisa menjadi penyebab keputihan yang ada dalam tubuh anda, karena akan menyebabkan ketidakstabilan hormon tubuh anda.

  1. Makanan yang tidak sehat

Faktor makanan juga merupakan salah satu hal yang mempengaruhi kesehatan tubuh anda. dan juga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan anda. asupan nutrisi dan vitamin merupakan hal yang sangat diperlukan, agar hormon dalam tubuh anda menjadi normal, dan tentu saja masalah keputihan ini bisa anda hindari. Cukupi kebutuhan biah dan sayur anda, dan juga jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih secara cukup.

Tentu saja menjaga organ reproduksi agar terjaga kebersihannya merupakan salah satu hal yang perlu untuk anda lakukan. Dan jika keputihan terus menerus berlangsung, ada baiknya untuk sesegera mungkin memeriksakan diri ke dokter. Semoga bermanfaat.

Add Comment