Faktor resiko terjadinya kanker payudara

Drwox.com – Kanker payudara merupakan kanker yang paling sering menyerang wanita. Menurut pengertiannya, Kanker payudara adalah tumor ganas yang berkembang dari sel-sel payudara. Penyebab kanker payudara ini sebenarnya susah untuk diketahui secara pasti. Namun penelitian menunjukkan beberapa faktor resiko yang dapat memicu kanker payudara ini.

Faktor resiko kanker payudara

Berikut di bawah ini merupakan faktor resiko kanker payudara :

  • Wanita yang merokok dan peminum alkohol mempunyai resiko sangat besar terkena kanker payudara.
  • Kanker payudara berhubungan dengan berat badan, obesitas, dan tinggginya asupan makan lemak jahat. Namun penelitian ini masih memerlukan data lebih lanjut.
  • Kanker payudara dihubungkan dengan penggunaan secara terus menerus terapi hormone progestin-estrogen.
  • Wanita yang menggunakan obat kontrasepsi oral selama lebih dari 10 tahun akan mempunyai resiko lebih besar berkembangnya sel kanker payudara.
  • Berdasarkan penelitian wanita kelompok usia 50 tahun ke atas sangat beresiko terkena kanker payudara. Lalu wanita kelompok usia 25 tahun ke bawah sangat tidak beresiko terjadinya kanker payudara. Jadi dapat disimpulkan wanita usia 25-50 tahun wajib berhati-hati dan mengenali setiap gejala, tanda, dan faktor resiko terjadinya kanker payudara. Sehingga setelah usia 50 tahun tidak terkena kanker payudara.
  • Kanker payudara lebih sering terjadi pada wanita yang tidak menikah, atau wanita menikah namun tidak dikaruniai keturunan, atau wanita yang melahirkan namun tidak disusui bayinya.
  • Wanita yang menderita kanker payudara di salah satu sisi, maka payudara yang lainnya mempunyai resiko berkembangnya sel kanker payudara.
  • Faktor keturunan juga mempengaruhi resiko terjadinya perkembangan sel kanker payudara.

Faktor resiko di atas bukanlah faktor penyebab utama, namun faktor resiko yang dapat menyebabkan meningkatnya terjadinya kanker payudara. Jika anda mempunyai faktor resiko di atas kenalilah, lalu konsultasikan kondisi anda ke dokter anda. Jika ada faktor resiko yang bisa dirubah maka berubahlah sekarang juga. Kurangi resiko diri anda terkena kanker payudara. Jangan lupa selalu menjaga pola makan sehar dan gaya hidup sehat agar kita terhindar dari penyakit kanker.

No Responses

  1. Pingback: Cara mengobati kanker Payudara | drwox December 5, 2012

Add Comment