Gambaran dan Penyebab sakit kepala

Drwox.com – Sakit kepala merupakan keluhan yang cukup sering dialami oleh pasien kami. Mungkin andapun mengalami hal yang demikian. Sakit kepala bisa mulai dari yang ringan samapi sakit kepala berat. Beberapa pasien bahkan merasa kepala serasa mau pecah saat sakit kepalanya kambuh. Sakit kepala adalah gejala yang umum terjadi. Biasanya mempunyai makna klinis yang kecil. Namun juga dapat menandakan suatu penyakit yang serius. Diagnosis dalam penegakkan sakit kepala oleh dokter sangatlah penting dan harus dicari sampai menemukan titik terang penyebabnya. Sakit kepala dapat berasal dari pembuluh darah (vaskuler) dan otot (muskuler).

Gambaran dan Penyebab sakit kepala

mumet mas…!!?

Berikut di bawah ini beberapa gambaran dan penyebab sakit kepala :

Migrain umum

Gambaranya bersifat umum, unilateral (satu sisi), seringkali berdenyut. Nyeri berlangsung beberapa jam. Kadangkala disertai dengan mual. Namun jarang sekali mengalami muntah.

Klasik

Sakit kepala jenis ini lebih jarang terjadi. Bersifat unilateral (satu sisi). Bisa disertai mual dan muntah. Bisa juga disertai skotoma visual ( seolah-olah ada bintik hitam dalam pandangan mata).

Nyeri kepala cluster

Sakit kepala ini bersifat nyeri di sekitar mata (retroorbital). Bisa juga temporal unilateral ( bagian samping kepala, salah satu sisi). Sakit kepala jenis  ini lebih sering terjadi pada pria. Sering terjadi pada malam hari. Nyeri kepala biasanya terjadi pada malam hari. Intensitas terjadinya kurang dari 1 jam, namun sakit kepala jenis ini sering kumat-kumatan.

Tension headache

Nyeri kepala ini sangat umum sekali terjadi. Gejala sakit kepala disertai rasa berdenyut-denyut dan kencang. Nyeri kepala terasa di seluruh bagian kepala. Nyeri kepala ini juga sering berkaitan dengan faktor psikis dan stress. Nyeri kepala ini jarang timbul di pagi hari.

Neuralgia trigeminalis

Nyeri yang dirasakan menusuk hebat. Nyeri terjadi selama beberapa detik. Terdapat area yang dapat mencetusnya. Misalnya area tersebut tersenggol bisa mengakibatkan nyeri hebat. Nyeri dapat dicetuskan saat makan, mencuci, bercukur atau aktifitas lainnya. Nyeri ini berhubungan dengan cabang saraf mandibularis atau maksilaris dari saraf trigeminalis.

Arteritis temporalis

Nyeri ini sering dialami oleh pasien lanjut usia. Sakit kepala yang dirasakan menetap, sangat sering kambuh. Kadang disertai kekakuan otot bahu. Tanda yang dapat diamati adalah arteri temporalis yang lunak dan dapat diraba.

Hipertensi intrakranial

Sakit kepala yang dirasakan tumpul dan berulang. Sering kambuh dan bisa diperburuk dengan perubahan posisi seperti membungkuk dan batuk. Kadang juga bisa disertai dengan muntah.

Nyeri di wajah yang tidak khas

Nyeri jenis ini susah ditemui tanda yang berhubungan dengan saraf. Lebih sering berkaitan dengan sakit gigi. Nah jika anda sering sakit kepala dan dokter bingung asalnya darimana, cobalah cek ke dokter gigi. Kami sering menemui kasus seperti ini. Seringnya pada usia remaja, sakit kepala hilang timbul, sudah minum obat macem-macem tapi belum sembuh. Sewaktu dikonsultasikan ke dokter gigi ternyata benar ada masalah di gigi. Setelah masalah gigi teratasi, sakit kepala yang dirasakan juga hilang total.

Referensi:

  1. Buku diagnosis dan terapi
  2. Buku A primer on Family Medicine Practice

Add Comment