Gambaran singkat tentang 40 minggu kehamilan

40 minggu bayi di rahim proses yang luar biasa dan sudah sempurna, janin yang tumbuh dari sel kecil telah menjadi bayi yang sempurna. Cari tahu tentang 40 minggu kehamilan untuk mengetahui bagaimana bayi berkembang di dalam kandungan. Untuk itu silahkan simak artikel berikut ini :

Perkembangan janin pada trimester pertama kehamilan

6 minggu setelah pembuahan adalah saat janin memiliki detak jantung pertama. Pada waktu itu, mereka hanya sekecil kacang lentil sementara rahim mulai tumbuh dalam ukuran, dari ukuran prem besar menjadi apel.

Selama minggu ke 7, otak janin dibagi menjadi tiga bagian berbeda, yang merupakan dasar perkembangan pemikiran dan akting di masa depan. Otak depan bertanggung jawab untuk pemecahan masalah, argumentasi dan penyimpanan memori, otak antara sinyal kontrol dari tubuh ke otak yang tepat. Otak posterior mengendalikan aktivitas fisik seperti pernapasan, denyut jantung, dan gerakan otot. Di sinilah embrio terbentuk dan gerakan pertama dapat diamati dengan ultrasound.

Pada minggu ke 10, janin memiliki mata, hidung dan mulut. Empat anggota badan dan jari juga terbentuk. Bahkan, bayi memiliki kuku dan akar gigi. Anehnya, selama ini janin telah menunjukkan forehandnya melalui mengisap jempol. Menurut sebuah penelitian oleh Queen’s University Belfast, hisapan jempol tangan kanan ibu jari akan menjadi hak tangan di masa depan dan sebaliknya.

Ini juga dimana janin mulai mengembangkan komunikasi. Jika Anda menyentuh perut, janin akan meninggalkan daerah yang terkena dampak tanpa sepengetahuan Anda. Denyut jantung janin sekitar 110-160 per menit, dua kali lebih cepat dari pada seorang ibu. Semua organ utama seperti jantung, paru-paru, otak dan jenazah memiliki fungsi sendiri dan akan terus berevolusi pada tahap selanjutnya.

Pada minggu ke 12, janin tumbuh dengan buah persik dan bisa merasakan sakit di setiap bagian tubuh seperti bayi. Refleks janin mulai berkembang. Jika tangan menyentuh mulut, bibir akan terbuka untuk meletakkan jari dan mengisap. Jika tangan menyentuh mata, mata akan berkedip. Pada akhir kehamilan pertama, janin sangat mirip dengan dagu, dahi, hidung dan kelopak mata.

Perkembangan janin pada trimester ketiga

Pada minggu ke 14 kehamilan, janin bisa tersenyum, mengerutkan kening, melipat, dan lemas, terkadang cegukan. Meski mata tertutup, mereka bisa merasakan cahaya dan kegelapan jika Anda menyalakan cahaya langsung di perut. Dalam hal ini, janin akan mengenali lampu merah hangat yang masuk. Selanjutnya, inilah saat tali pusar tumbuh dan memiliki tiga pembuluh darah: satu yang mengangkut oksigen dan nutrisi; Dua sirkuit kecil mengandung lebih sedikit oksigen dan limbah transportasi.

Selama periode ini, enamel dari 32 gigi tetap juga muncul di rahang dan alat kelamin telah terbentuk.

Pada minggu ke 17, janin bisa bermimpi. Penelitian telah menunjukkan bahwa selama kehidupan janin, anak-anak lebih banyak bermimpi setelah melahirkan. Terutama, mereka bermimpi lebih dari orang dewasa.

Minggu 20 minggu, janin memiliki berat dan panjang yang sama seperti pisang. Mereka juga bisa mencicipi cita rasa makanan Anda dengan cairan ketuban dan membedakan antara kepahitan dan rasa manis.

Selama minggu ke 22, tingkat pertumbuhan janin melambat, berat badan masih tumbuh normal namun aspek lainnya tumbuh dewasa. Janin mulai membangun ketahanan terhadap sistem kekebalan tubuh yang mendasarinya untuk membantu janin menghindari infeksi sampai tingkat tertentu. Di sinilah gigi bayi terbentuk tapi tetap tersembunyi di bawah gusi. Janin bisa mendengar suara darah mengalir, detak jantung dan mendidih. Mulai saat ini, janin mulai mendengar suara dari luar dan mampu merespons suara, melodi dan musik yang menenangkan. Karena itu, ibu hamil harus berbicara dengan anak mereka agar janin lebih mengenal suara orang tua mereka.

Minggu 24 dianggap sebagai momen penting dalam kehamilan karena bayi akan memiliki kesempatan bertahan lebih tinggi (sekitar 39%) jika janin lahir saat ini. Otak janin juga berkembang dengan gelombang otak yang serupa dengan bayi. Banyak penelitian menunjukkan bahwa saat ini janin sudah mulai memiliki pikiran dan kenangan. Mereka juga bisa membedakan antara suara ayah dan ibu dan mengingat lagu yang sudah sering terdengar. Mereka terbangun dan tidur seperti bayi, tapi siklus tidur-bangun mereka berbeda dengan ibu mereka.

Pada minggu ke 26, janin mulai latihan pernapasan untuk mempersiapkan saat ketika mereka tidak lagi berada dalam kandungan. Paru mulai meningkat dalam volume sampai anak berusia 8 tahun.

Apakah Anda tahu apa yang dikonsumsi janin selama ini di rahim? Ini adalah cairan ketuban. Setiap hari janin mengeluarkan setengah liter urin ke cairan amnion. Setiap tiga jam semua cairan ketuban akan dikonsumsi dan dipulihkan. Karena itu, ibu hamil harus minum banyak air untuk menjaga kestabilan cairan ketuban.

Pada 28 minggu, kelopak mata janin mulai terbuka, terlihat dan berkonsentrasi. Namun, penglihatan mereka terbatas pada 20-25 cm, mungkin karena mereka ada di dalam rahim.

Dari minggu ke 28 sampai minggu ke 32, janin meningkat sekitar 500g seminggu, membuat tubuh ibu lebih “masif”. Amniosentesis selalu 37 derajat celcius, sedikit lebih hangat dari pada tubuh ibu, yang membantu menjaga janin tetap hangat selama ini lemak terbentuk di tubuh.

Selama minggu ke 30, sistem saraf janin berkembang dengan cepat, otak menjadi lebih besar, keriput mulai berkembang. Mereka mulai bisa melihat dan melakukan tindakan yang kompleks. Janin juga menjadi lebih besar. Alis, bulu mata juga muncul. Pada janin laki-laki, testis berpindah ke daerah inguinal dan masuk ke skrotum. Mereka mulai mengendalikan suhu tubuh mereka sendiri. Beberapa janin yang tumbuh cepat dapat mengubah kepala mereka untuk mempersiapkan persalinan dini.

Dari minggu ke 32 sampai minggu ke 35: sensasi bau telah berevolusi sejak 32 minggu. Sejak itu, setiap minggu janin meningkat sebesar 250g. Otak tumbuh begitu cepat sehingga tengkorak tumbuh lebih besar dan lebih besar. Berat badan janin mencapai 2,46 kg dalam 35 minggu. Jika persalinan mencapai 35 minggu, tingkat kelangsungan hidup bayi baru sampai 99%.

Pada minggu ke-36, sebagian besar janin telah pindah ke daerah panggul; Hanya sekitar 2,5% janin yang memiliki panggul di panggul.

Selama minggu ke 40 kehamilan, plasenta mengeluarkan hormon yang membuat payudara menjadi tegang dan lebih besar. Dengan janin yang berada ujung sekresi hormon bisa menyebabkan perdarahan ringan di vagina dan akan pulih secara otomatis setelah beberapa hari.

Pada akhir periode ini, testis embrio laki-laki mulai bergerak ke bawah sementara ovarium betina masih berada di tepi panggul dan akan berpindah ke posisi pascakelahiran. Pada saat ini, 95% janin menelengkan kepala ke bawah, wajah mereka mengarah ke belakang, 1% mengarahkan kepala ke bawah, menghadap ke depan, dan 4% mengarahkan kepala ke atas.

Catatan kecil untuk ibu: Tanggal kelahiran hanya relatif karena hanya sekitar 5% bayi lahir pada hari kelahiran yang tepat.

Add Comment