Gambaran umum tentang KANKER

Drwox.com – Penyakit kanker merupakan penyakit yang mungkin terdengar paling sering di telinga kita. Gaya hidup dan pola makan yang tidak seimbang dapat memicu timbulnya penyakit kanker. Kanker dapat terjadi di setiap bagian tubuh manusia. Kanker tentu saja bukan penyakit yang mudah ditangani, kenali penyakit ini lebih dalam agar kita terbebas dari penyakit kanker.

DEFINISI kanker

Kanker dikenal juga dengan nama tumor ganas, neoplasma ganas atau keganasan. Kanker merupakan suatu kumpulan gejala (sindrom) yang terjadi akibat adanya pertumbuhan sel-sel tubuh secara tidak normal dan tidak terkendali. Normalnya, sel hanya akn membelah kembali jika ada sel yang rusak atau mati, namun pada sel kanker, sel membelah dan tumbuh secara tidak terkontrol, membentuk tumor yang ganas. Pertumbuhan sel kanker dapat mendesak, bahkan menyusup (invasi) ke jaringan disekitarnya. Sel kanker bahkan dapat menyebar ke tempat yang lebih jauh dari tempat asal sel kanker tersebut tumbuh melalui pembuluh darah dan sistem limfatik.

 apa itu kanker

PENYEBAB kanker

Penyebab kanker hingga saat ini dipastikan adalah dari faktor lingkungan. Tiap negara memiliki penyebab yang berbeda tergantung pada gaya hidup, status kesehatan dan lingkungan kerja yang banyak dihadapi oleh penduduknya. Penyebab kanker diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Bahan kimia

–          Alami: Misalnya aflatoksin B1 yang ditemukan pada kacang-kacangan

–          Sintetik: misalnya vinilklorida yang sering ditemukan pada industri plastik; benzo(a)piren yang berasal dari pembakaran mesin mobil atau mesin yang tidak sempurna

  • Sinar ionisasi, misalnya pajanan sinar UV
  • Virus tertentu dapat memicu terjadinya kanker, misalnya:

–          Golongan retrovirus sering menyebabkan leukemia

–          Golongan hepadnavirus  seperti virus HBV menyebabkan kanker hepatoseluler

–          Golongan papilloma virusseperti virus HPV  menyebabkan kanker pada genital

–          Golongan herpes virusseperti virus EBV menyebabkan limfoma burkitt

  • Gaya hidup:

–          Pola makan yang salah memicu terjadinya kanker, misalnya makan terlalu banyak kalori, sedikit serat dapat memicu kanker.

–          Rokok dan asap rokoknya dapat memicu kanker

–          Alkohol dapat memicu kanker, yang paling sering alkohol menimbulkan kanker hepatoseluler

  • Parasit seperti Schistosoma hematobium dapat menyebabkan kanker hepatoseluler

FAKTOR RESIKO kanker

Ada beberapa orang yang cenderung rentan terkena kanker, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya:

–          Usia; semakin lanjut usia maka akan semakin tinggi resiko seseorang terkena kanker

–          Faktor genetik/keturunan juga meningkatkan terjadinya kanker bila pada keluarga pernah ada yang terkena kanker, namun hal ini bukan murni  disebabkan karena keturunan saja, namun cenderung lebih pada kesamaan gaya hidup dalam keluarga tersebut.

–          Pencemaran lingkungan; lingkungan yang tercemar limbah tertentu lebih memudahkan seseorang terkena kanker

PENCEGAHAN kanker

Pencegahan terhadap kanker biasanya dilakukan berdasarkan epidemiologi atau angka terjadinya kanker di daerah tersebut. Pencegahan sangat diperlukan untuk menghindari terjadinya kanker, apabila sudah terjadi kanker maka pencegahan juga tetap diperlukan untuk mencegah agar bahaya yang ditimbulkan kanker tersebut tidak fatal, tidak menganggu aktivitas dan terhindar dari disabilitas atau kecacatan. Ada dua pencegahan yang biasa dilakukan, yaitu pencegahan primer dan pencegahan sekunder.

–          Pencegahan primer ditujukan untuk menghilangkan faktor penyebab terjadinya kanker, misalnya penyuluhan atau tindakan/kebijakan lain untuk stop merokok; menjaga jumlah kalori dan lemak serta memperbanyak konsumsi serat; tidak mengkonsumsi alkohol, memakai pelindung sinar UV atau sinar ionisasi lain; memakai pelindung yang benar saat bekerja untuk menghindari pajanan sinar iatrogenik

–          Pencegahan sekunder biasanya dilakukan penapisan, ditujukan pada orang- orang dengan tujuan menemukan kasus sebelum menimbulkan masalah klinis, dengan kata lain melakukan diagnosis dini secara cepat dan tepat agar dapat menangani secara cepat dan tepat untuk mencegah kesakitan/penderitaan  (morbiditas) dan kematian (mortalitas) akibat kanker tersebut.

GEJALA kanker

Gejala kanker tergantung pada lokasi terjadinya kanker, dan stadium kanker tersebut

PENATALAKSANAAN atau PENGOBATAN KANKER

Penanganan kanker tidak selalu harus dengan operasi. Penanaganan kanker tergantung pada stadium kanker tersebut. Anda dapat mendiskusikan pilihan terapi/penanganan kanker yang dialami dengan dokter anda. Diantaranya adalah:

  • Operasi/pembedahan

Operasi atau pembedahan merupakan penanganan kanker yang paling tua, paling sering dilakukan dan merupakan salah satu metode yang paling baik dalam kesembuhan kanker apabila kanker tersebut belum menyebar ke tempat lain.

  • Kemoterapi

Kemoterapi merupakan penanganan kanker dengan obat-obatan, baik obat suntik, infus, ataupun obat yang dimakan. Kemoterapi dapat dilakukan sebelum atau sesuadah operasi, tujuan penanganan dengan kemoterapi ini adalah untuk memperkecil ukuran sel kanker (dilakukan sebelum operasi), membersihkan sisa-sisa sel kanker. Terapi dengan kemoterapi dapat dikombinasikan dengan terapi radiasi.

  • Terapi radiasi

Terapi radiasi ini bersifat lokal langsung pada daerah tertentu. Dapat dilakukan dengan menggunakan bahan radioaktif, baik secara eksternal atau pun secara internal. Penyinaran secara eksternal dilakukan dengan cara penyinaran langsung pada daerah yang terkena kanker dengan zat radioaktif, sedangkan secara internal dilakukan dengan menyisipkan implant radioaktif pada area kanker atau berupa obat telan/suntik. Terapi radiasi ini sangat efektif  dan merupakan terapi utama pada jenis kanker tertentu seperti kanker di daerah leher dan kepala, kelenjar, paru-paru dan penyakit hodgkin.

  • Immunoterapi

Merupakan penanganan terbaru pada kanker, yaitu dengan cara memberikan imunisasi dengan tujuan meningkatkan kekabalan tubuh terhadap sel-sel kanker.

  • Terapi gen

Terapi ini belum dipergunakan secara umum, namun beberapa uji klinis menunjukkan hasil yang cukup memuaskan.

  • Pengobatan alternatif

Pengobatan alternatif mulai banyak digunakan di Indonesia untuk terapi kanker. Ada banyak terapi alternatif yang dilakukan, seperti terapi dengan minum tanaman tertentu, dan lainnya. Namun terapi ini kurang diminati dunia medis karena minimnya riset medis yang dilakukan untuk membuktikan terapi ini dapat dilakukan untuk mengobati kanker.

-Ditulis oleh drQQ dari berbagai sumber –

Add Comment