Gejala HIV Positif Yang Wajib Diketahui

Gejala HIV Positif Yang Wajib Diketahui – Mengetahui apa aja tentang penyakit HIV menjadi satu tindakan wajib agar anda terhindar dari penyakit berbahaya ini dan tidak semua orang tahu apa saja gejala-gejala yang biasa ditimbulkan ketika seseorang positif terkena HIV. Penyakit HIV merupakan salah satu jenis penyakit yang sampai saat ini belum bisa diobati secara medis. Untuk itu, sebelum anda terkena HIV sebaiknya anda menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan penyakit HIV.

Salah satu penyebab dari HIV yaitu hubungan seks yang kerap berganti-ganti pasangan tanpa menggunakan alat kontrasepsi atau pengaman. Kebiasaan buruk ini menjadi faktor terbesar seseorang terkena HIV. Menurunnya berat badan menjadi salah satu gejala atau akibat dari HIV dan gejala-gejala lain yang biasa terjadi diantaranya seperti :

Gejala HIV Positif Yang Wajib Diketahui

  1. Menstruasi Tidak Lancar

Ketika HIV menyerang wanita, awal-awal munculnya penyakit ini akan ditandai dengan siklus menstruasi yang tidak lancar. Menstruasi jarang terjadi dan sekalipun terjadi, jumlah darah yang keluar lebih sedikit dari biasanya. Jika anda mengalami kejadian ini terus menerus selama 2 – 3 bulan, maka sebaiknya anda periksakan kondisi anda ke klinik atau rumah sakit terdekat untuk mendeteksi adanya virus HIV.

  1. Mudah Berkeringat

Biasanya orang akan berkeringat ketika ia bekerja keras atau mengangkat beban yang berat. Namun tidak untuk penderita HIV, orang yang positif terkena HIV biasanya akan mudah lelah dan mudah berkeringat meskipun tidak melakukan aktifitas yang berat. Malah keringat cenderung keluar pada waktu malam hari ketika cuaca dingin.

  1. Tidak Fokus

Sulitnya berkonsenstrasi juga bisa menjadi salah satu gejala anda terkena virus HIV. Virus ini membuat tubuh anda menjadi lemah dan pikiran terganggu sehingga anda tidak bisa fokus dan sulit berkonsenstrasi. Bahkan orang yang terkena virus HIV cenderung mudah tersinggung dan mudah marah.

  1. Muncul Ruam

Bentuk fisik dari gejala HIV yaitu munculnya ruam pada kulit secara secara perlahan. Ruam ini akan muncul dibagian alat kelamin ataupun bagian tubuh yang lain. Namun pada umumnya, ruam merah muncul lebih lambat sehingga sulit untuk mendeteksinya.

  1. Demam

Infeksi yang ditimbulkan akibat HIV akan membuat suhu tubuh meningkat hingga 39 derajat celcius. Suhu tubuh meningkat dan penderita akan merasakan demam, sakit pada tenggorokan yang berakibat pada pembengkakan kelenjar getah bening.

  1. Sakit Kepala

Jika anda kerap mengalami sakit kepala mendadak, cobalah berkonsultasi dengan dokter untuk mendeteksi apakah yang dialami merupakan gejala HIV atau bukan. Salah satu gejala yang biasa terjadi pada penderita HIV yaitu kerap mengalami sakit kepala secara tiba-tiba sehingga tanpa disadari akan membuat penderita lemah bahkan sampai jatuh pingsan.

Virus HIV menjadi musuh besar masyarakat Indonesia bahkan dunia. Untuk itu, lakukan berbagai tindakan pencegahan agar anda tidak terkena virus berbahaya tersebut seperti menjauhi seks bebas dan berbagai jenis obat-obatan terlarang (narkoba).

Add Comment