Gejala Kecemasan

Drwox.com – Cemas merupakan perasaan tidak menyenangkan yang dialami manusia dalam keseharian mereka. Apalagi di jaman yang serba tergesa-gesa seperti sekarang ini. Namun bila cemas menjadi berlebihan maka akan menimbulkan suatu penyakit kejiwaan yaitu kecemasan atau ansietas. Orang dengan gejala cemas seperti ini memiliki ekspresi untuk mengungkapkan kecemasan mereka secara berlebihan melebihi orang normal lainnya. Ekspresi orang dengan kecemasan berlebihan biasanya memiliki perasaan gugup dan gelisah yang lebih dari orang biasanya. Memiliki rasa cemas adalah hal yang normal, namun bila sudah mulai berlebihan hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Apalagi jika gejala ini berulang sepanjang tahun. Harus segera dicarikan solusi untuk mengatasi hal tersebut. Konsultasi ke dokter umum dulu lalu ke psikiater adalah pilihan yang tepat untuk gejala cemas yang berlebihan.

Gejala Cemas Kecemasan

Saya yakin anda pasti pernah mengalami rasa cemas. Rasa cemas ini sendiri merupakan hal yang positif. Rasa cemas memperingatkan tubuh dan pikiran kita bahwa ada sesuatu yang mungkin salah. Hal ini bisa meningkatkan kewaspadaan kita dalam menghadai sesuatu yang negatif. Beberapa gejala kecemasan diantaranya detak jantung yang berdegup kencang, keringat keluar secara berlebih, mulut kering, dan pikirang tidak bia berfikir jernih. Pada keadaan tertentu misalnya stress di dalam melakukan suatu pekerjaan tiba-tiba kita mendadak pusing dan bingung, nafas sesak, dan dada terasa nyeri, kemudian juga merasa ingin berkemih tiba-tiba, mungkin ada mengalami gejala cemas juga. Jika anda mengalaminya satu atau dua kali saat situasi benar-benar tegang maka hal itu adalah biasa. Namun jika anda mengalami hal ini secara berulang, maka anda wajib segera berkonsultasi dengan dokter.

Gejala yang muncul tersebut tidak memastikan anda sebagai penderita penyakit kecemasan. Setiap orang berbeda-beda dalam menerima suatu peristiwa. Ada yang bisa mengatur emosi dan pikirannya dengan baik sehingga gejala kecemasan dapat diatasi beberapa saat setelah gejala itu muncul. Namun juga ada yang tidak bisa mengatasi gejala ini, akhirnya gejala tersebut berkepanjangan dan mengakibatkan penyakit kejiwaan yang semakin parah.

Banyak hal yang membuat kecemasan menjadi semakin parah. Diantaranya tidak ada orang yang bisa diajak bicara alias curhat oleh si penderita. Hidup di lingkuangan social yang mempunyai ego tinggi juga akan memperparah kondisi kecemasan ini. Hidup di lingkungan kampung yang kehidupan social kemasyarakatannya berjalan dengan baik kemungkinan akan mengurangi gejala yang muncul. Temukan teman yang baik bagi anda untuk sekedar membagi cerita dan pengalaman hidup anda. Jangan biarkan anda hidup di dunia anda sendiri tanpa memperdulikan orang lain.

Kecemasan merupakan hal yang biasa dialami oleh setiap orang. Gejalanya pun sering muncul dalam berbagai bagian hidup kita. Mencari sumber permasalahan yang membuat kita cemas adalah solusi terbaik untuk menghilangkan gejala kecemasan.

Add Comment