Gejala umum kanker paru

Gejala umum kanker paru. Kanker paru-paru merupakan penyebab yang paling sering pada kematian akibat kanker, baik itu pada laki-laki maupun pada perempuan. Jutaan orang meninggal akibat kanker yang disebabkan oleh rokok ini.  Hal yang mengejutkan adalah penelitian terakhir yang menemukan bahwa penderita kanker dari golongan wanita dan non perokok meningkat.

gejala kanker paru

Penyebab kanker paru-paru bukan hanya rokok saja, gaya hidup dan genetic juga mempengaruhi munculnya penyakit ini. Kanker paru sangat sulit terdeteksi sejak dini. Kanker ini biasanya terdeteksi saat sudah mencapai tahap yang membahayakan.

Pada awal munculnya penyakit ini, kanker paru sering tanpa gejala. Namun jika derajat penyakitnya sudah naik maka akan timbul beberapa gejala yang khas. Berikut beberapa gejala umum kanker paru :

  • Batuk lama tak sembuh-sembuh
  • Batuk yang terlalu sering muncul
  • Sesak nafas
  • Nyeri dada
  • Nafsu makan turun
  • Berat badan turun drastis secara tiba-tiba
  • Suara serak
  • Susah atau nyeri saat menelan
  • Badan lesu dan lemah

Beberapa gejala di atas merupakan gejala umum yang sering muncul pada penderita kanker paru. Namun anda tetap harus memastikannya dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lengkap. Pemeriksaan yang umum yang dilakukan biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik lengkap pada anda, memeriksa laboratorium darah lengkap, pemeriksaan sputum/dahak, pemeriksaan radiologi (sinar-X), pemeriksaan khusus paru, dan pemeriksaan khusus untuk penanda kanker paru.

Jika pemeriksaan tersebut telah dilakukan maka jika positis dokter akan menentukan seberapa berat penyakit kanker tersebut dan menentukan langkah selanjutnya.

Pengobatan kanker paru-paru yang sering dilakukan adalah terapi bedah. Terapi bedah dilakukan untuk mengambil sel kanker dalam paru-paru. Terapi ini sudah berkembang dengan baik sehingga dapat meminimalkan tindakan invasive pada tubuh. Pada kanker paru stadium awal terapi ini terbukti cukup efektif. Terapi berikutnya adalah kemoterapi, kemoterapi adalah terapi yang bersifat sistemik. Terapi ini dapat berupa obat yang diminumkan atau obat yang disuntikkan. Terapi yang lain adalah terapi radiasi, terapi ini mengalirkan energy tertentu ke sel kanker, sehingga dapat membunuh sel kanker. Yang terakhir adalah terapi obat kanker yang spesifik. Terapi ini tergolong masih baru dan masih jarang dipakai. Obat tersebut akan menghalangi sel kanker membentuk pembuluh darah baru yang mensuplai kehidupan sel kanker.

Add Comment