Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Abortus

Di masa sekarang ini, ada cukup banyak orang yang salah mengartikan istilah abortus dalam kesehatan. Ada cukup banyak orang yang menganggap bahwa abortus adalah tindakan menggugurkan kandungan secara sengaja yang dilatarbelakangi oleh banyak hal, termasuk juga ketidaksiapan memiliki keturunan. Pada kenyataannya, tindakan yang tadi dijelaskan bukanlah abortus melainkan aborsi. Lalu, apakah sebenarnya yang dimaksud dengahn istilah abortus? Berikut adalah penjelasan singkat mengenai hal tersebut.

Abortus dalam kesehatan adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menyebutkan keguguran. Jika aborsi adalah sesuatu yang disengaja, keguguran, merupakan satu hal yang tidak disengaja dan bahkan tidak diinginkan. Keguguran semacam ini biasanya dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan beberapa alasan. Ada yang disebut dengan Abortus Komplet yang tidak lain dan tidak bukan adalah keguguran yang terjadi pada saat bayi dalam kandungan gugur saat usianya masih kurang dari 20 minggu. Hal ini biasanya terjadi berkaitan dengan masih sangat lemahnya janin di dalam kandungan di awal kehamilan seperti ini. Ada juga istilah lain yaitu Abortus Inkomplet. Abortus yang satu ini terjadi saat janin, yang biasanya masih sangat muda umurnya dan bahkan belum berbentuk utuh, keluar dari Rahim tetapi masih ada bagian konsepsi yang tertinggal di dalam rahim.

Apapun jenis abortus dalam kesehatan yang dialami, satu hal yang pasti adalah bahwa pemeriksaan lebih lanjut dengan dokter kandungan sangatlah perlu untuk dilakukan guna mencegah sesuatu yang buruk terjadi. Contohnya saja, dalam abortus inkomplet, pembersihan rahim adalah satu hal yang perlu dilakukan guna menghilangkan sisa konsepsi yang masih tertinggal. Tentu saja, pembersihan rahim semacam ini tak bisa dilakukan sendiri atau oleh sembarangan orang. Permbersihan ini harus dilakukan oleh pihak medis yang sudah mengetahui pasti mengenai prosedur tepat yang harus dilakukan. Dengan mempercayakan tindakan lebih lanjut yang perlu dilakukan saat abortus terjadi kepada pihak medis, tentu saja tidak akan ada masalah kesehatan lain yang muncul setelah abortus terjadi. Semoga informasi ini berguna bagi anda.

abortus dalam kesehatan

Add Comment