Hati-hati penderita kanker paru meningkat pada wanita dan non perokok

Penderita kanker paru meningkat pada wanita dan non perokok. Kanker paru-paru merupkan penyakit yang susah untuk dideteksi sejak dini. Biasanya kanker jenis ini akan ketahuan saat sudah stadium lanjut.

kanker paru pada wanita

Sebuah penelitian mengungkapkan hal yang di luar dugaan. Baru-baru ini sekelompok peneliti dari Universitas Perancis mempelajari 7.610 pasien kanker paru-paru di Perancis pada tahun 2010. Penelitian ini menemukan bahwa non-perokok terdiri 11,9 persen dari kasus kanker paru-paru, naik dari 7,9 persen pada tahun 2000. Dan persentase pasien kanker paru-paru wanita melonjak dari 16 persen menjadi 24,4 persen. Selama 10 tahun terakhir tidak ada peningkatan jumlah pasien wanita dengan kanker paru-paru. Sementara penderita kanker paru laki-laki perokok menurun, dan meningkat pada laki-laki non perokok. Sungguh penelitian yang mengejutkan.

Dalam penelitian itu juga disebutkan bahwa peningkatan terjadi tidak hanya pada jumlahnya saja, namun derajat kesakitan juga meningkat. Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa semakin banyak penderita kanker yang baru terdeteksi saat kanker sudah mencapai stadium IV. Dimana stadium ini merupakan derajat paling bahaya bagi penderita kanker. Hasil penelitian tersebut disampaikan pada hari selasa tanggal 4 september di European Respiratory Society’s Annual Congress di Viena.

Maka dari itu untuk melawan meningkatnya kanker, kita wajib mengkampanyekan “anti-rokok” karena korban rokok tidak hanya pada si perokok, tapi perokok pasif di sekitar perokok aktif. Berhati-hatilah jangan sungkan untuk menegur perokok, karena kesehatan anda sendiri adalah yang utama.

No Responses

  1. Pingback: Gejala umum kanker paru | drwox September 8, 2012
  2. Pingback: Penyebab kanker paru | drwox October 24, 2012

Add Comment