Hebatnya Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Drwox.com – Tomat merupakan buah sekaligus sayuran yang mudah sekali kita temui sehari-hari, baik di pasar maupun di masakan yang kita santap. Buah ini juga enak dimakan langsung dan dijadikan jus yang segar. Dan Anda pasti akan semakin menyukai si merah tomat setelah tahu manfaat hebat di dalamnya. Manfaat tomat untuk kesehatan ada banyak sekali. Mulai dari sebagai sumber vitamin  yang bagus sampai mencegah stroke dan penyakit jantung. Vitamin C dalam tomat termasuk tinggi. 100 gram tomat menandung 23 mg vitamin C dan dapat memenuhi 20 persen kebutuhan vitamin C harian. Vitamin C dari tomat berkhasiat memelihara kesehatan gigi dan gusi, mencegah pendarahan pembuluh darah halus, menjaga daya tahan tubuh, dan membantu mempercepat penyembuhan luka. Selain vitamin C, dalam 100 gram tomat juga terkandung aneka gizi yang dibutuhkan tubuh, antara lain vitamin A 1000 UI, fosfor 27 gm, kalium 360 mg, besi 6 mg, kalsium 11 mg, protein 1 gram, dan vitamin K.

Hebatnya Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Manfaat Tomat

 Satu lagi kandungan penting yang mendukung manfaat tomat untuk kesehatan adalah Likopen. Likopen bermanfaat mencegah kanker. Likopen bekerja mencegah kerusakan sel akibat makanan tidak sehat dan radikal bebas yang dapat memicu kanker rahim kanker prostat, kanker pankreas, serta kulit keriput. Likopen juga mampu mencegah penuaan dini sehingga kulit terlihat cantik lebih lama. Ditambah dengan kandungan mineral dan vitamin pada tomat tadi, buah ini juga berkhasiat mengobati jerawat dan komedo serta mencerahkan dan menghaluskan kulit. Likopen dari tomat yang sudah dimasak sebentar juga dapat mengobati gangguan pencernaan, diare, memperbaiki fungi hati, dan mencegah pembekuan darah. Sangat hebat bukan manfaat tomat untuk kesehatan kita?

Tomat tak hanya baik bagi orang dewasa, tapi juga anak-anak. Ini karena tomat mengandung beta carotene yang bagus untuk kesehatan mata. Tomat juga mengandung tomatine yang bermanfaat sebagai anti radang sehingga dapat menghindarkan anak dari radang tenggorokan dan penyakit radang lainnya. Di samping itu, tomat mengandung garam mineral yang dapat meningkatkan nafsu makan. Menyajikan sup tomat hangat atau membuat pasta tomat pasti dapat merangsang nafsu makan anak Anda sering ogah-ogahan makan. Yuk, ambil manfaat tomat untuk kesehatan keluarga kita setiap hari!

Add Comment