Hipnotis dan Berbagai Macam Jenisnya

Belakangan ini semakin banyak orang yang tertarik untuk belajar hipnotis. Alasan mereka pun beragam. Ada yang ingin belajar hanya untuk sekedar menambah keterampilan saja dan ada juga yang mempelajarinya untuk melakukan perbuatan yang jahat. Apapun alasannya, sebenarnya pembelajaran akan hipnotis tidak bisa dilakukan dengan sembarangan apalagi jika menyangkut hal-hal medis. Hipnotis sendiri memang sudah lazim digunakan di dunia kedokteran, terutama kedokteran jiwa, karena hipnotis bisa digunakan sebagai terapi yang sanggup menghilangkan beberapa macam masalah kejiwaan. Namun hipnotis yang digunakan dalam kedokteran jiwa tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Hanya mereka yang memiliki latar belakang pendidikan psikologi klinis atau sebagai psikiater yang layak untuk melakukan terapi ini, karena mereka yang paling mampu untuk memberikan diagnosis kepada pasien dan memutuskan langkah pengobatan yang tepat untuk mereka.

Secara umum, hipnotis bisa dibagi menjadi 4 macam menurut fungsinya. Hipnotis yang pertama atau yang disebut dengan medical hypnosis adalah hipnotis yang berhubungan dengan pengobatan di dunia medis seperti yang telah dijelaskan di paragraf sebelumnya. Selain dapat digunakan sebagai terapi penyembuhan masalah kejiwaan dan gangguan fisik (hypnotherapy), hipnotis jenis ini juga bisa digunakan ketika dokter harus memberikan anestesi kepada pasien. Dengan begitu, dokter tidak perlu menggunakan obat bius kepada pasien ketika akan melakukan beberapa tindakan medis yang akan menimbulkan rasa sakit. Yang kedua adalah metaphysical hypnosis. Orang yang belajar hipnotis jenis ini biasanya akan mampu untuk membongkar rahasia ilmu gaib yang banyak berkaitan dengan ilmu metafisika.

Jenis hipnotis yang ketiga sering disebut dengan hipnosis forensik. Jenis hipnotis yang satu ini sering digunakan dalam dunia kepolisian dan sangat berguna untuk menggali informasi dari korban atau saksi secara langsung yang mungkin lupa akan detail kejadian tersebut karena trauma yang dialaminya. Dengan menggunakan hipnotis ini, saksi atau korban bisa menceritakan peristiwa tersebut dengan tenang sehingga mereka tidak akan melupakan detail-detail yang penting dari kejadian tersebut. Yang terakhir, hipnosis komedi. Jenis hipnotis yang satu ini hanya dipelajari untuk menghadirkan hiburan kepada penontonnya dan hipnotis jenis inilah yang sering anda lihat di acara-acara televisi belakangan ini. Pada intinya, semua jenis hipnotis diciptakan untuk tujuan yang baik. Semuanya itu hanya tergantung dari bagaimana sikap orang yang belajar hipnotis tersebut, apakah mereka akan menggunakannya untuk kebaikan atau justru kejahatan.

belajar hipnotis untuk kesehatan

Add Comment