Ini Dia Bahaya Merokok

Drwox.com – Bahaya merokok selain menyebabkan kanker paru-paru, juga terkait dengan penyakit jantung, stroke dan penyakit kronis lainnya. Bahkan merokok dapat meningkatkan resiko terkena kanker ginjal, kanker leher rahim, kanker kandung kemih, kanker tenggorokan dan mulut, dan kanker pankreas. Merokok benar-benar sumber kanker yang lengkap. Gak percaya? Coba deh cek pasien-pasien kanker di rumah sakit. Sebagian besar perokok berat dan yang lebih mengerikan lagi sekarang ini perokok pasif memiliki resiko yang lebih besar terkena kanker, terutama wanita.

Berikut beberapa bahaya merokok lainnya yang semoga dapat membuat siapapun segera berhenti:

  • Merokok menyebabkan lebih dari satu dari lima kematian di Amerika.
  • 90 persen dari kanker paru-paru pada pria secara langsung berhubungan dengan merokok dan 80 persen kanker paru-paru pada wanita disebabkan oleh rokok.
  • Ada 4.000 komponen kimia yang ditemukan dalam rokok dan setidaknya 250 diantaranya berbahaya bagi kesehatan manusia.

 bahaya merokok

Beberapa bahan berbahaya dalam rokok:

  • Akrolein, adalah gas berhubungan dengan kanker paru-paru. Gas ini menghambat perbaikan DNA dan dapat merusak lapisan dalam paru-paru.
  • Arsenik, digunakan untuk mengawetkan kayu. Pada manusia, zat ini dapat menyebabkan penyakit jantung dan kanker.
  •  Benzene, digunakan untuk memproduksi bahan kimia lainnya. Zat ini dapat menyebabkan kanker, terutama leukemia, pada manusia.
  •  Kadmium, adalah logam yang digunakan untuk membuat baterai. Kadmium dapat mengganggu perbaikan DNA yang rusak, serta menyebabkan kerusakan ginjal dan lapisan arteri.
  • Tar solid, merupakan zat kimia inhalasi yang dapat meningkatkan resiko  kanker. Zat ini juga meninggalkan residu cokelat dan lengket di gigi, paru-paru, dan kuku.
smoking lung

ini gambar paru-paru rusak akibat rokok?!

Zat yang juga ada dalam bahaya merokok adalah karbon monoksida dan nikotin.  Karbon monoksida adalah gas yang Anda hidup ketika merokok. Setelah sampai di paru-paru, gas tersebut ditransfer ke aliran darah Anda lalu menurunkan jumlah oksigen yang dibawa dalam sel darah merah. Selanjutnya menyebabkan arteri mengeras dan dapat memicu penyakit jantung dan penyakit arteri serta serangan jantung.

 Sedangkan nikotin adalah zat kimia yang berbahaya dan sangat adiktif. Zat ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, denyut jantung, aliran darah ke jantung dan penyempitan pembuluh darah. Nikotin juga dapat berkontribusi pada pengerasan dinding arteri, yang pada gilirannya dapat menyebabkan serangan jantung. Bahaya-bahaya merokok tersebut tidak hanya didapat oleh si perokok aktif, tapi juga orang-orang di sekitarnya yang ikut menghirup asap (perokok pasif). Hindarkan keluarga dan anak-anak Anda dari bahaya merokok sekarang juga.

One Response

  1. Bisnis Online Terbaik 2017 February 10, 2017

Add Comment