Inilah 4 Cara Mengatasi Batuk Berdahak Pada Bayi Secara Efektif

Batuk bisa digolongkan menjadi 2 jenis yaitu, batuk kering dan batuk berdahak. Batuk biasanya  disertai dengan pilek yang disebabkan oleh virus influenza. Gangguan kesehatan yang satu ini bisa segera  diatasi dengan minum obat batuk yang bisa disesuaikan dengan gejala batuk yang dirasakan.

Namun bagaimana jika batuk berdahak yang sangat mengganggu tersebut terjadi pada anak-anak yang berusia bayi?. Tentu hal tersebut sangatlah membuat khawatir para orang tua karena batuk akan membuat anak menjadi rewel. Terlebih jika anda akan memberikan obat yang akan membuat anda dilema karena obat-obatan mengandung beberapa bahan kimia.

Sebelum anda memberikan obat-obatan medis, ada baiknya anda menggunakan bahan alami sebagai cara mengatasi batuk berdahak pada bayi. Tak hanya aman, bahan-bahan alami berikut ini juga dapat dengan mudah anda dapatkan.

  • Akar Teh Licorice

Cara mengatasi batuk berdahak pada bayi yang pertama yaitu anda bisa memanfaatkan akar dari pohon teh licorice. Khasiat yang terkandung dalam akar teh tersebut sangat baik untuk menyembuhkan batuk berdahak secara efektif. Tak hanya batuk berdahak saja yang bisa diatasi dengan akar teh licorice ini, karena jika anda mempunyai keluhan radang tenggorokan juga bisa diatasi dengan obat herbal tersebut.

Caranya, rebuslah beberapa bagian akar teh licorice dengan air secukupnya. Setelah mendidihkan diamkan agar air rebusan menjadi dingin. Berikan air rebusan tersebut dan tambahkan sedikit madu untuk diberikan kepada anak anda.

  • Berkumur Dengan Larutan Garam

Larutan garam memang di kenal sebagai obat alami yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan sakit gigi. Namun tahukah anda bahwa dengan larutan garam juga bisa dimanfaatkan untuk cara cara mengatasi batuk berdahak pada bayi. Caranya cukup mudah, yaitu dengan cara berkumur sebanyak dua kali menggunakan larutan air garam setiap harinya. Jika anak anda belum bisa berkumur, anda cukup memberikan beberapa sendok larutan tersebut untuk mengencerkan dahaknya.batuk berdahak pada anak

  • Madu Dengan Jeruk Nipis

Ramuan herbal yang selanjutnya anda bisa menggunakan perasaan jeruk nipis dan madu murni. Madu memang di percaya mempunyai banyak khasiat pada kesehatan, salah satunya yaitu sebagai cara mengatasi batuk berdahak pada bayi. Caranya, siapkan satu sendok perasan jeruk nipis kemudian campurkan dengan madu murni. Berikan ramuan herbal tersebut secara rutin untuk mengatasi permasalahan batuk berdahak pada anak.

  • Uap Dengan Minyak Kayu Putih Serta Daun Teh

Cara mengatasi batuk berdahak pada bayi yang terakhir yaitu dengan menggunakan uap dari minyak kayu putih dan daun teh. Uap panas mampu membantu membasmi virus dan bakteri penyebab dari batuk berdahak dan juga pilek pada anak.

Cara mengatasinya, siapkan air panas kemudian tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih dan beberapa daun teh. Buat anak anda untuk bisa menghirup uap tersebut selama beberapa saat. Lakukan secara rutin agar batuk berdahak pada anak segera hilang.

 

Add Comment