Inilah Cara Mudah Dan Alami Mencegah Gigi berlubang Sedini Mungkin

drwox.com – Gigi merupakan bagian tubuh yang tidak pernah luput dari masalah.Selain gigi yang sakit, masalah yang sering dialami adalah gigi yang berlubang.Gigi yang berlubang bisa sangat mengganggu aktifitas anda, terlebih bila gigi sedang mengalami nyeri. Agar anda bisa terhindar dari masalah gigi yang berlubang, alangkah baiknya anda melakukan cara mencegah gigi berlubang. Dan sebaiknya cara mencegah gigi berlubang ini, diterapkan sedini mungkin.

Beberapa cara mencegah gigi berlubang, antara lain:

  1. Menyikat Gigi Secara Teratur

Cara mencegah gigi berlubang yang pertama adalah dengan menyikat gigi secara teratur.Walaupun mudah tetapi ini kadang sulit untuk anda lakukan.Mulailah membiasakan diri sikat gigi secara teratur minimal 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari setelah anda sarapan dan malam sebelum anda tidur.Walaupun malam hari anda tidak makan, anda tetap wajib menggosok gigi.Ini untuk menghilangkan bakteri yang bisa saja masih menempel di area mulut, terutama bagian gigi.Bila anda ingin mendapatkan gigi yang sehat, maka anda bisa menggosok gigi anda 30 menit setelah anda makan.

  1. Jangan Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan yang mengandung gula

Bila anda sering mengkonsumsi makanan yang manis, sebaiknya anda mulai mengurangi kebiasaan anda tersebut. Karena makanan yang manis akan membuat gigi cepat berlubang. Jenis makanan yang sebaiknya tidak anda konsumsi secara berlebihan, adalah makanan yang mengandung gulaatau caramel. Sebab akan membuat gigi menjadi keropos, dan lama kelamaan menjadi berlubang.

  1. Mengkonsumsi Makanan Yang Sehat

Cara mencegah gigi berlubang selanjutnya yaitu, dengan mengkonsumsi makanan yang sehat.Pilihlah makanan yang dengan kandungan kalsium dan mineral yang tinggi, seperti susu, telur, buah, dan juga sayuran.

cara mencegah gigi berlubang

  1. Tidak Mengkonsumsi Makanan Yang Lengket

Makanan yang mudah lengket seperti biscuit, roti, daging, atau makanan yang terbuat dari tepung sebaiknya anda batasi konsumsinya.Karena makanan ini mudah lengket di gigi, dan cukup sulit untuk dihilangkan. Dalam jangka waktu yang lama, sisa makanan yang lengket ini akan menimbulkan bakteri penyebab gigi berlubang. Bila anda ingin tetap mengkonsumsi makanan yang lengket, sebaiknya segera menyikat gigisampai benar-benar bersih agar tidak ada sisa makanan yang menempel di gigi anda.

  1. Berkumur Menggunakan Obat Kumur

Agar anda terhindar dari masalah gigi berlubang, rutinlah berkumur dengan obat kumur setelah anda menggosok gigi. Sebab dengan menyikat gigi saja, tidak akan menghilangkan bakteri di mulut.

  1. Rutin Berkunjung Ke Dokter Gigi

Cara mencegah gigi berlubang ini, memang dianjurkan untuk anda lakukan.Anda dapat berkunjung ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.Selain untuk berkonsultasi tentang perawatan gigi yang benar, ini juga untuk mendeteksi kerusakan gigi anda secara dini.

Karena pentingnya kesehatan gigi, maka cara mencegah gigi berlubang tersebut sebaiknya anda terapkan mulai dari sekarang. Karena bila telah terjadi kerusakan, tentu anda harus melakukan perawatan dan pengobatan yang memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Add Comment