Inspiratif Seorang Kuli Gendong Bisa Naik Haji

Seorang kuli gendong di kulonprogo Jogjakarta akhirnya memenuhi mimpinya untuk naik haji bertamu ke tanah suci. Ya betul, Sunaryo seorang kuli panggul pasar bisa naik haji. Dimana ada niat yang kuat, pasti ada jalannya. Sunaryo bekerja keras selama belasan tahun sebagai kuli angkut di pasar dengan penuh kesabaran. Walaupun sunaryo tidak mematok tarif jasa angkutnya, beliau bisa mengantongi uang sejumlah Rp30,000,00-Rp50.000,00. Pelanggan sunaryo mengaku puas dengan hasil kerja beliau. Dari jumlah tersebut sunaryo menyisihkan uang Rp10.000,00 untuk ditabung sebagai biaya naik haji. Setelah terkumpul dana sebesar dua puluh juta rupiah (Rp20.000.000,00) sunaryo mendaftarkan haji, sedangkan kekurangannya sebesar tujuh belas juta rupiah (Rp17.000.000,00) beliau usahakan dengan usaha keras selama lima tahun terakhir. Selain itu Sunaryo juga bekerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan serta menyekolahkan anaknya sampai jenjang sarjana. Uniknya beliau juga membagi waktunya untuk menjadi takmir masjid dan muazin di masjid. Mungkin inilah yang membuat doanya mustajab.

Akhirnya tahun ini Sunaryo memperoleh mimpinya untuk berangkat ke tanah suci bersama ribuan orang dari Indonesia. Sunaryo-pun mempersiapkan barang-barang untuk dibawa ke tanah suci dengan seksama. Menurut sunaryo ada beberapa hal persiapan orang untuk berhaji. Pertama niat, kemudian ragat atau biaya, lalu sehat lahir batin selanjutnya kemantaban hati. Niat tulus ikhlas dengan ikhtiar atau usaha keras serta persiapan yang matang akan mengantarkan calon haji menjadi haji yang mabrur, insya Allah. Sungguh luar biasa, beliau sangat bangga, bersyukur, sekaligus terharu sunaryo berkata :

kuli gendong naik haji

sunaryo dengan gerobaknya – sumber gambar kabarkulonprogo.com

“menjalankan rukun islam yang kelima rasanya sangat bersyukur rasanya sangat gembira bisa menunaikan ibadah haji di mekah al mukaromah “ – sunaryo

Bapak Sunaryo juga bermimpi bisa memberangkatkan istrinya untuk berangkat haji. Semoga doa beliau segera terkabul. Semoga kita yang membaca ini juga bisa segera menyusul bapak Sunaryo menunaikan ibadah haji di tanah suci. Amiin.

Semoga dengan membaca cerita di atas, kita bisa terinspirasi untuk segera memulai mempersiapkan dana untuk melaksanakan ibadah haji. Yang konon jika kita mendaftar sekarang kita bisa berangkat sampai 10 tahun ke depan. Semangat.

Add Comment