Jejak Timah di Bangka Belitung, Ya di Museum Timah

Anda ingin tahu tentang bagaimana proses penambangan timah dan berbagai macam hal yang berhubungan dengannya? Anda sangat wajib untuk mengunjungi Museum Timah yang ada di Bangka Belitung. Museum timah ini adalah satu-satunya yang ada di Asia. Dikelola oleh PT. Tambang Timah (persero) Tbk. Hal ini bisa menjadi kebanggan bagi bangsa Indonesia. Kita sebagai anak bangsa yang kaya akan kandungan sumber daya alam.

Kenapa Museum Timah Dibangun di Bangka Belitung?
Tambang timah dan Bangka tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Bahkan, nama “Bangka” sendiri berasal dari kata “Wangka” yang mempunyai arti “Timah”. Pada masa lampau, pertambangan timah di Bangka Belitung sangat berjaya. Itulah mengapa, tercetuslah ide untuk mendokumentasikan kejayaan tersebut dalam sebuah museum.

Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan di Museum Timah?
Untuk memasuki museum timah ini, anda tidak perlu smengeluarkan dana sepeser pun, alias gratis. Anda bisa mengunjungi museum timah pada pukul 8.00 hingga pukul 16.00 pada hari senin – jum’at. Sedangkan pada hari minggu anda bisa mengunjungi pukul 9.00 – 14.30. Anda akan merasakan suasana yang menyenangkan sebagai tempat edukasi. Saat anda baru datang, ada lokomotif yang merupakan sebagai pengangkut timah. Di dalam Museum Timah, anda dapat melihat perkembangan pertambangan timah.

Sejarah perkembangan tambang timah yang tertera dimulai dari abad ke 17, yakni pada masa pemerintahan Kesultanan Palembang. Di sana juga terpampang jelas, bagaimana perkembangan tambang timah terjadi pada masa penjajahan Belanda.

Berbagai foto-foto dokumentasi tentang pertambangan timah dapat anda lihat di museum ini. Dengan melihat foto-foto tersebut, kita bisa mendapatkan edukasi tentang bagaimana timah ditambang. Peralatan-peralatan bersejarah ada di sana juga. Beberapa peralatan tersebut antara lain adalah belincong (sebuah alat dari kayu yang berguna untuk menambang timah), centong air dari kayu (digunakan untuk menciduk biji timah dan air. Alat ini digunakan pada tahun 1800-an).

Pada akhirnya, anda bisa bereksplorasi sendiri mendalami tentang sejarah pertambangan timah. Banyak hal baru yang kita akan ketahui setelah mengunjungi Museum Timah di Bangka Belitung ini.

Akomodasi di Sekitaran Museum
Bagi anda yang tidak ingin segera pergi meninggalkan Bangka Belitung, anda bisa mencari penginapan. Penginapan tersedia dengan berbagai pilihan fasilitas dan tentu saja harga yang juga bervariasi. Di Bangka Belitung, anda bisa mengunjungi berbagai tempat lain yang tidak kalah sayang untuk dilewatkan. Untuk masalah tempat-tempat wisata lain, nanti anda bisa mencarinya sendiri.

Ini merupakan beberapa tempat penginapan yang bisa anda kunjungi :
• Hotel Grand Millenium
Hotel ini terletak di Jl. Soekarno Hatta No. 198 A-B, Pangkal Pinang. Jika anda ingin memesan kamar hotel, anda bisa menghubunginya via telepon dengan nomor (0717) 437600
• Hotel Menumbing
Hotel ini terletak di Jl. Gereja No. 5 – Pangkal Pinang. Anda dapat menghubunginya via telepon dengan nomor (0717) 422990.

Warisan Kuliner yang tidak boleh dilewatkan
Anda memang tidak afdhol, jika mengunjungi suatu tempat, kemudian tidak mencicipi hidangan kulinernya. Makanan khas bangka yang sangat bercitarasa tinggi seafood adalah mie koba. Anda benar-benar harus mencicipinya, karena sebagian besar dari kita bisa dipastikan belum pernah mencicipinya.

Selain mie koba, tentu saja yang sudah melegenda di nusantara adalah martabak bangka. Mungkin kita sering mencicipi nikmatnya martabak bangka. Namun, akan lebih afdhol lagi jika kita mendapatkan makanan nikmat ini langsung dari tempat asalnya, yakni Bangka Belitung.

wisata bangka belitung Museum Timah Indonesia

sumber gambar : www.gabeboni.com

Add Comment