Jenis dan Bahaya Makanan Berkolesterol Tinggi yang Wajib Anda Ketahui

Drwox.com – Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Manusia tidak dapat dilepaskan dari aktivitas mengkonsumsi makanan. Ada banyak pilihan bahan makanan yang dapat dikonsumsi mulai dari bahan makanan nabati hingga hewani. Namun, yang wajib Anda ketahui adalah bahwa tidak semua jenis makanan memberikan efek yang baik untuk tubuh. Banyak jenis makanan yang justru bila dikonsumsi berlebihan akan memberikan efek buruk bagi kesehatan. Salah satu jenis kandungan makanan yang berbahaya bagi tubuh adalah kolesterol. Lalu, apa saja jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi dan bahayanya bagi kesehatan? Simak rangkumannya berikut ini.

 Pertama, gorengan. Siapa yang tak suka mengkonsumsi makanan yang satu ini? Selain murah meriah, makanan jenis ini juga mudah untuk di dapatkan. Gorengan memang nikmat bila disantap saat santai di sore hari atau saat lapar melanda di malam hari. Seringkali orang salah kaprah mengenai gorengan. Banyak yang mengira makan gorengan tidak lebih berbahaya dari mengkonsumsi daging sapi atau kambing. Padahal nyatanya, kandungan minyak jenuh dalam gorengan tersebut sangat berbahaya bagi tubuh. Minyak jenuh adalah sumber kolesterol yang tidak dapat diurai oleh sistem pencernaan tubuh dalam waktu yang singkat. Kolesterol yang terdapat dalam minyak yang digunakan untuk menggoreng akan berpindah ke dalam tubuh dan menempel pada pembuluh darah atau pada organ-organ penting khususnya hati dan jantung. Bahayanya tentu sangat tinggi.

 Bahaya Makanan Berkolesterol Tinggi

Kedua, olahan jerohan. Jika di negara lain, jerohan merupakan komposisi yang tidak seharusnya dikonsumsi. Namun, di Indonesia, justru jerohan dimanfaatkan dan diolah menjadi makanan yang lezat. Kebiasaan masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi olahan jerohan ini sesungguhnya sangat berbahaya bagi kesehatan. Meskipun lezat dan gurih, jerohan mengandung lemak dan kolesterol yang tinggi apalagi dibandingkan dengan daging. Mengkonsumsi jerohan terlalu sering dapat menyebabkan penyakit seperti asam urat, hipertensi, dan kerusakan hati.

 Ketiga, olahan seafood bercangkang. Yang termasuk seafood bercangkang yang berkolesterol tinggi adalah udang, kerang, kepiting, tiram, dan cumi-cumi. Bahan makanan seafood tersebut memiliki kandungan kolesterol jahat yang tinggi dan wajib dihindari khususnya bagi Anda yang beresiko menderita tekanan darah tinggi dan jantung koroner.

 seafood makanan yang mengandung kolesterolKeempat, otak sapi dan kambing. Banyak orang yang suka mengkonsumsi otak sapi atau kambing karena rasanya yang gurih dan empuk. Namun, berhati-hatilah jika Anda termasuk orang yang menyukai makanan tersebut. Kandungan kolesterol yang sangat tinggi akan sangat berbahaya khususnya untuk organ hati dan jantung Anda.

 Kelima, telur puyuh. Siapa sangka telur puyuh adalah jenis makanan yang memiliki kandungan kalori tertinggi. Kandungan kalori tinggi berarti tinggi pula kandungan kolesterolnya. Mengkonsumsi 8 butir telur puyuh sehari sama resikonya dengan mengkonsumsi daging dalam hitungan kilo.

 Makanan yang mengandung kolesterol tinggi memang cenderung lezat. Namun, jenis makanan tersebut beresiko menimbulkan berbagai macam penyakit seperti asam urat, stroke, hipertensi, penyumbatan pembuluh darah, jantung koroner, kerusakan fungsi hati, kanker usus, dan masalah-masalah kesehatan yang lainnya. Mulailah mengurangi konsumsi makanan yang berkolesterol tinggi demi kesehatan Anda.

2 Comments

  1. Adit December 7, 2013
    • drwox December 14, 2013

Add Comment