Jenis Makanan Yang Kaya Antioksidan

Jenis Makanan Yang Kaya Antioksidan –Antioksidan merupakan salah satu zat yang bermanfaat melindungi tubuh dari berbagai penyakit terutama yang disebabkan karena radikal bebas. Jika kadar antioksidan dalam tubuh rendah, seseorang akan lebih rentan terkena penyakti karena tubuh tidak memiliki tameng kuat untuk mencegahnya. Maka dari itu penuhi asupan nutrisi anda dengan makanan kaya antioksidan. Makanan kaya antioksidan sangat melimpah jenisnya. Sebagian besar terdapat pada sayuran dan buah-buahan.

Antioksidan terdiri atas berbagai senyawa dan vitamin seperti vitamin A, C dan E. Untuk mencukupi kebutuhan antioksidan anda, maka sangat penting mengetahui apa saja jenis makanan yang kaya kandungan ini. contohnya anggur merah. Buah anggur merah memiliki antioksidan dan serat dalam kadar tinggi. Mengkonsumsinya secara teratur sangat baik mencegah radikal bebas masuk dalam tubuh. selain buah anggur merah masih banyak jenis makanan kaya antioksidan yang akan diulas selengkapnya berikut ini.

Beberapa Jenis Makanan Kaya Antioksidan

  1. Cokelat

Banyak yang mengira cokelat adalah makanan yang menggemukan badan. Ternyata yang menggemukan badan itu bukan kandungan cokelatnya namun kadar gulanya. Justru cokelat murni adalah sumber antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. kandungan antioksidannya bermanfaat menepis berbagai virus yang masuk ke tubuh dan bermanfaat menurunkan tekanan darah secara alami.

  1. Kacang-kacangan

Kacang merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh. seperti kacang kedelai, kacang kenari, kacang tanah, dll. kacang merah juga merupakan sumber antioksidan tinggi. Kandungan antioksidannya sangat efektif mengikis kolesterol jahat dan menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. lengkapi menu makanan anda dengan kacanga-kacangan sebagai sumber antioksidan alami tubuh.

  1. Wortel

Sayuran berwarna jingga ini terkenal sebagai sumber kesehatan mata. Antioksidan pada wortel terdiri atas vitamin A, C dan serat. Didalam wortel terdapat betakaroten tinggi yang baik memproduksi vitamin A dan melawan kanker. Radikal bebas penyebab kanker bisa ditepis dengan baik jika mengkonsumsi wortel secara cukup.

  1. Sayuran hijau

Sayuran hijau sangat wajib dikonsumsi setiap harinya. Selain kaya serat untuk memperlancar pencernaan, sayuran hijau juga bermanfaat memerangi berbagai penyakit seperti kanker, jantung, dll. antioksidan pada sayuran hijau meliputi fitonutrien dan berbagai vitamin kompleks. semuanya sangat bermanfaat mengatasi radikal bebas yang menyebabkan tubuh terkena berbagai penyakit berbahaya. Konsumsi bayam, kangkung, sawi dan berbagai sayuran hijau lainnya secara teratur.

  1. Apel

Buah apel selain bagus untuk diet juga bermanfaat sebagai sumber antioksidan dalam tubuh. apel kaya serat dan vitamin. Didalamnya terdapat senyawa yang bagus untuk regenerasi sel kulit mati. Sebaiknya konsumsi apel langsung dengan kulitnya. Jangan lupa mencucinya hingga bersih agar bebas dari kandungan pestisida. Apel juga baik untuk mencegah kanker usus besar dan mencegah kerusakan jantung karena kandungan antioksidannya.

Konsumsi jenis makanan diatas secara teratur agar tubuh tidak mudah sakit dan terpapar radikal bebas. Semoga bermanfaat.

Add Comment