Kehamilan dan mual muntah

Drwox.com – Kehamilan dan mual muntah merupakan hal yang susah terpisahkan. Hampir seluruh wanita hamil mengalami gejala mual dan muntah, terutama pada kehamilan pertama. Mual muntah yang terjadi pada setiap ibu hamil berbeda-beda kondisinya, ada yang parah namu banyak juga yang ringan. Banyak hal yang mempengaruhi hal itu. Lalu apa penyebab mual dan muntah pada saat kehamilan?

Penyebab mual dan muntah pada saat kehamilan sebenarnya tidak diketahui secara pasti. Namun para ahli menyimpulkan bahwa penyebab mual dan muntah saat kehamilan adalah terjadina perubahan fisiologis tubuh, terutama karena perubahan hormonal pada awal-awal masa kehamilan.

kehamilan dan mual muntah

Mual muntah saat kehamilan biasanya dimulai pada minggu ke-6 masa kehamilan dan sering sudah berhenti pada minggu ke-12. Mual muntah biasa terjadi pada pagi hari, namun bisa saja terjadi pada setiap saat dalam satu hari itu. Untuk mual ringan kadang juga masih terjadi sepanjang kehamilan.

Jika memang kondisi mual muntah dapat mengganggu aktifitas sehari-hari sebaiknya ibu hamli menyesuaikan kegiatan mereka dengan kondisi kehamilan mereka. Jangan memaksakan diri untuk beraktifitas jika kondisi memang tidak memungkinkan. Mual muntah dalam kondisi kehamilan merupakan sesuatu yang lumrah terjadi. Namun ada juga ibu hamil yang tidak mau makan dan minum karena rasa mual dan muntah yang begitu hebat. Jika tidak mau makan maka akan mengakibatkan kekurangan gizi baik untuk ibu hamil dan juga janinnya.

Pada sebagian ibu hamil, gejala mual muntah dapat terlihat lebih parah. Jika mengalami hal ini maka secepatnya harus menghubungi dokter terdekat. Mual muntah yang parah biasa disebut “hiperemesis gravidarum”. Jika hiperemesis dibiarkan saja maka akan terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan. nah dehidrasi inilah yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

Kehamilan merupakan anugrah terindah dari seorang ibu. Maka dari itu kehamilan wajib dijaga dari awal samapi akhir. Jika anda seorang ibu hamil yang mengalami mual dan muntah, sebaiknya anda segera menghubungi dokter anda untuk berkonsultasi. Ikutilah setiap saran dari dokter anda. Jangan melakukan atau makan sesuatu yang masih meragukan untuk mengatasi mual muntah anda.

Mual muntah dalam kehamilan dapat diatasi dengan berbagai cara diantaranya dengan diit atau pengaturan pola dan menu makan, obat-obatan yang diresepkan oleh dokter anda, pengaturan pikiran,perbanyak istirahat, dan yang terakhir dengan pengobatan alternative yang sudah diteliti secara ilmiah seperti akupuntur.

Semua usaha yang dilakukan untuk mengobati mual dan muntah dalam kehamilan harus selalu berkonsultasi dengan dokter anda, jangan mengambil keputusan sendiri.

2 Comments

  1. amori February 1, 2013
    • drwox February 2, 2013

Add Comment