Kenaikan asam lambung atau gastro esophageal reflux disease GERD

Drwox.com – Keluhan sakit di perut sangat banyak sekali di pelayanan kesehatan primer. Kadang sakit atau perih di lambung naik, sampai menimbulkan sensasi nyeri di ulu hati bahkan naik ke area di atasnya. Hal ini disebabkan karena cairan asam lambung naik ke area kerongkongan. Kadang-kadang keluhannya mirip nyeri dada, sehingga sering disebut heart burn. Keluhan ini sering mengganggu, membuat tidak nyaman bahkan tidak sedikit pasien yang panik.

Sebenarnya kenaikan cairan asam lambung adalah hal yang normal pada beberapa orang. Tapi bila keadaaanya makin parah dan rasa perih dan nyeri makin hebat maka bisa berkembang menjadi gastro esophageal reflux disease atau sering disingkat GERD. GERD ini asam lambung meningkat lebih, dan bertahan lebih lama di kerongkongan. Sehingga menyebabkan pasien merasa tidak nyaman.

Kenaikan  asam lambung atau gastro esophageal reflux disease GERD

Pada siang hari ketika anda berdiri atau berjalan, asam lambung akan naik, tapi dengan adanya gravitasi asam lambung akan otomatis turun. Hal ini dibantu dengan reflek menelan anda yang membantu cairan lambung kembali ke asalnya. Dan juga air liur anda yang mengandung bikarbonat dapat menetralkan asam lambung. Bila malam hari, posisi berbaring terlentang membuat cairan asam lambung naik. Pada malam hari juga reflek menelan kita dan produksi air liur berkurang. Hal inilah yang menyebabkan keluhan seperti ini lebih sering datang pada malam hari ke Unit Gawat Darurat atau UGD.

Kondisi seperti di atas juga sering beresiko dialami oleh wanita hamil. Mual muntah pada wanita hamil serta nyeri perut yang berlebihan kemungkinan penyebabnya juga GERD ini. Kenaikan hormon dan tekanan dari bawah / janin mengakibatkan katup esophagus bagian bawah melemah dan mengakibatkan hal ini. Wanita hamil dengan keadaan seperti ini harus mendapatkan perhatian lebih dan segera mendapatkan pertolongan dan pengobatan yang tepat dari dokter.

Kondisi ini dapat terjadi dalam tahap ringan atau berat, jika ringan gejla yang ditimbulkan seperti rasa tidak nyaman di perut dan uluhati, mual, dan regurgitasi (naiknya makanan atau cairan dari lambung ke saluran atasnya). Jika keadaan lebih berat maka gejala yang munculpun lebih berat. Tanda yang lebih berat adalah munculnya reaksi radang yang berlebihan bahkan sampai menyebabkan luka di kerongkongan. Bahkan hal yang lebih berat seperti perdarahan yang hebat dapat mengakibatkan hal yang berbahaya bagi pasien, sehingga pasien memerlukan tindakan bedah dan darah tambahan.

Maka dari itulah, sekecil gejalanya yang muncul namun sering terjadi pada anda, lebih baik anda segera menghubungi dokter untuk mengkonsultasikan keadaan anda. Jangan mencoba terapi alternative atau obat obatan yang belum jelas penggunaan dan manfaatnya. Beberapa kami temui pasien di rumah sakit mengalami perdarahan di area lambung dikarenakan obat-obatan yang dapat merusak lapisan lambung.

Jika anda mengalami gejala-gejala yang ringan ada beberapa hal yang dapat meringankan penyakit ini. Posisikan tubuh anda agak miring dengan kepala lebih tinggi saat tidur. Hal ini untuk mengurangi resiko naiknya asam lambung karena gravitasi. Kemudian pada malam hari makanlah secukupnya, sediakan ruang udara yang cukup bagi lambung anda. Pada malam hari asam lambung sering mengalami peningkatan. Lalu hindari makan dan minum yang merangsang lambung saat malam hari, seperti makan yang kecut dan pedas. Hindari dan stop minum alkohol, karena dapat merusak lambung, otak dan tubuh anda. Rokok juga wajib anda hentikan, beberapa pasien kami juga mengalami hal seperti ini pemicunya kemungkinan besar adalah rokok. Rokok dapat menurunkan kondisi lambung dan saluran-saluran tubuh yang berhubungan serta dapat mnegurangi kesehatan tubuh secara umum.

Add Comment