Kenali 5 Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

Drwox.com – Buah kurma adalah jenis buah yang sangat terkenal dan sangat laris apabila menjelang lebaran atau musim lebaran haji. Buah kurma sejatinya hanya dapat hidup di daerah padang pasir seperti di kawasan Arab Saudi, Mesir dan sekitarnya, namun kini buah kurma sudah menyebar dan tumbuh di daerah Afrika, Amerika, maupun Australia. Buah kurma sesungguhnya tidak hanya enak untuk disantap saat buka puasa maupun saat lebaran. Buah kurma juga memiliki banyak manfaat khususnya bagi kesehatan. Apa saja manfaat buah kurma bagi kesehatan? Berikut ulasannya.

Manfaat Buah Kurma untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kurma

 Dactylifera phoenix atau biasa juga disebut dengan nama kurma adalah buah berdaging dengan warna coklat kehitaman. Buah ini memiliki rasa khas yang manis dan legit. Disini kami akan merangkumkan 5 manfaat buah kurma untuk kesehatan. Pertama, buah kurma dapat menguatkan sel-sel saraf. Dengan mengkonsumsi kurang lebih 3 buah kurma setiap harinya setelah makan dipercaya dapat menguatkan sel-sel saraf yang ada di dalam tubuh. Kandungan zat alami pada buah kurma membantu tubuh untuk merangsang saraf-saraf yang berhubungan dengan kelenjar gondok agar tidak mudah rusak dan mengalami gangguan yang berarti. Kedua, buah kurma dapat membantu memperlancar proses persalinan dan membantu mengembalikan posisi rahim seperti sedia kala setelah melahirkan. Hormon oxytocine yang terdapat dalam kurma basah dapat merangsang rahim untuk mempermudah proses kelahiran. Untuk memperoleh manfaat buah kurma khususnya bagi ibu hamil, cukup dengan rutin mengkonsumsi buah kurma basah setelah makan pagi, siang, dan malam. Ketiga, buah kurma dapat digunakan untuk mencegah anemia. Buah kurma memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Zat besi yang terkandung dalam 1 buah kurma dapat membantu pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Dengan rajin mengkonsumsi buah kurma, niscaya Anda akan terhindar dari anemia. Keempat, buah kurma dapat membantu mengurangi resiko sakit mata dan membantu menjaga kesehatan kulit. Buah kurma adalah salah satu sumber vitamin A yang kaya akan antioksidan. Kelima, buah kurma dapat mengurangi sembelit dan memperlancar buang air besar. Buah kurma mengandung serat yang cukup tinggi. Dengan rajin mengkonsumsi kurma setelah makan setiap harinya, Anda akan terhindar dari kesulitan buang air besar.

 Buah kurma sejatinya terbagi atas beberapa jenis, namun semuanya rata-rata memiliki manfaat yang sama. Yang terpenting adalah frekuensi dalam pengkonsumsian buah kurma setiap harinya. Semakin intens Anda mengkonsumsi buah kurma, niscaya Anda akan segera merasakan manfaat buah kurma yang sangat bagus untuk kesehatan Anda sendiri.

2 Comments

  1. Kifli February 17, 2013
    • drwox February 18, 2013

Add Comment