Kenali Kolesterol Sejak Dini

Mendengar kata kolesterol, semua orang pasti sudah tidak asing lagi. Banyak yang mengaitkan kolesterol ini sebagai suatu penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh. Sebenarnya orang harus tahu terlebih dahulu apa itu kolesterol karena tidak selalu kolesterol membahayakan kesehatan tubuh. Zat yang berwarna putih ini dapat dipastikan selalu ditemukan dalam setiap sel-sel tubuh. Semua manusia membutuhkan zat ini untuk membuat hormon dan vitamin D di mana vitamin ini dapat diproduksi hati. Hati merupakan produsen kolesterol  terbesar dalam tubuh manusia, yaitu sekitar 80% sedangkan sisanya didapatkan dari asupan makanan. Maka daripada itu, kita harus jeli dan teliti dalam mengonsumsi makanan. Jika makanan yang dikonsumsi mengandung lemak jenuh, maka ini akan menggenjot hati untuk memproduksi kolesterol lebih banyak.

 Jika memperhatikan struktur kimianya, kolesterol adalah senyawa lemak yang kompleks. Lalu apa bedanya dengan lemak? Meskipun kolesterol termasuk dalam keluarga lemak, namun kolesterol dan lemak adalah zat yang berbeda. Suatu makanan bisa jadi memiliki kadar lemak yang tinggi namun bebas kolesterol, contohnya minyak zaitun. Namun bisa jadi pula sebaliknya, yaitu suatu makanan tersebut mengandung kadar lemak rendah namun tinggi kolesterolnya.

 apa itu kolesterolKolesterol sendiri dibagi menjadi dua jenis, kolesterol baik dan kolesterol jahat. Berikut jenis-jenisnya yang penting untuk semakin mengenal apa itu kolesterol:

  1. Kolesterol HDL (High Density Lipoprotein)

Kolesterol ini lebih sering dikenal sebagai kolesterol baik karena ia mengangkut zat tersebut dalam kadar yang sedikit. Kolesterol jenis ini bisa mencegah penimbunan kolesterol dalam pembuluh darah arteri serta penimbunan pada dinding pembuluh darah (arteriosklerosis). Jika tubuh mendapatkan asupan kolesterol jahat yang berlebih, maka sesampainya di pembuluh darah arteri, akan dikembalikan lagi ke hati untuk diolah lalu dibuang.

2. Kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein)

Kolesterol jenis ini mengangkut banyak zat tersebut dalam darah. Inilah jenis yang biasa dikenal masyarakat dengan kolesterol jahat karena akan menyebabkan pengendapan dalam pembuluh darah arteri. Kolesterol LDL sangat berisiko untuk memicu penyakit jantung koroner.

 Untuk mencegah penyakit-penyakit mengerikan mengendap di tubuh karena kehadiran kolesterol jahat ini, mari mulai dari sekarang membiasakan diri untuk menerapkan pola hidup sehat. Menerapkan diet atau pola makan yang teratur, olahraga yang rutin, dan istirahat yang cukup dapat menjadi jembatan pencegahannya. Bila perlu, bisa juga menempel daftar kandungan kolesterol dan kalori yang ada pada makanan sehingga anggota keluarga juga bisa tahu apa itu kolesterol dan cara pencegahannya.

Add Comment