Kenali Penyakit Hernia Sedini Mungkin

Penyakit hernia adalah salah satu penyakit berbahaya yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Tapi tidak semua orang mengetahui apa itu hernia, bagaimana tanda-tandanya, dan bagaimana cara pencegahannya. Berikut ini akan kami berikan penjelasan singkat mengenai penyakit ini dan bagaimana cara pencegahannya.

Hernia adalah penyakit yang disebabkan oleh lemahnya lapisan dinding perut sehingga menyebabkan keluarnya atau turunnya sebagian organ-organ yang berada di dalam perut khususnya usus. Penyakit hernia umumnya diderita oleh laki-laki tanpa mengenal batas usia. Penyakit hernia juga biasa disebut dengan istilah turun berok dimana usus turun dan menimpa organ dibawahnya yang pada laki-laki adalah buah zakar. Penyakit ini sangat berbahaya dan beresiko mengganggu kesehatan reproduksi dan urinasi pada laki-laki.

apa itu hernia

Setelah Anda mengetahui apa itu hernia, sekarang giliran Anda untuk mencermati bagaimana tanda-tanda yang muncul saat seseorang terkena penyakit ini. Adapun tanda-tanda penyakit hernia cukup bervariasi pada setiap orang. Namun, ada beberapa tanda-tanda umum yang Anda perlu tahu. Pertama, muncul rasa nyeri dan tidak nyaman pada perut bagian bawah atau pada buah zakar pada laki-laki. Kedua, muncul benjolan keras pada area dibawah perut seperti di area buah zakar pada laki-laki maupun pada lipatan paha. Benjolan tersebut berada dibawah kulit dan akan terlihat jelas saat seseorang berdiri, batuk, atau mengejan. Ketiga, terjadi dehidrasi, demam, dan rasa mual yang berlebihan. Lalu, bagaimana cara mencegah terjadinya hernia? Hernia bukanlah penyakit turunan meski sebagian pasien terkena hernia sejak dilahirkan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya penyakit hernia. Pertama, kurangi frekuensi mengangkat benda berat. Mengangkat benda yang terlalu berat tanpa adanya pemanasan atau persiapan otot dapat menekan organ-organ di dalam tubuh khususnya di dalam perut. Mengurangi frekuensi dan berat beban akan menghindarkan Anda dari penyakit ini. Kedua, saat Anda batuk atau mengejan, lakukan dengan pelan dan teratur. Jangan menekan area perut terlalu keras karena bisa saja Anda memiliki lapisan pembungkus organ perut yang cenderung lemah.

Memiliki pengetahuan yang cukup mengenai apa itu hernia dapat membantu Anda menghindari penyakit ini. Memang penyakit hernia bukanlah penyakit yang menular. Namun demikian, penyakit ini dapat menyerang siapa saja tanpa peduli dengan usia. Menghindari penyakit ini dapat dilakukan dengan melakukan olah raga ringan dan pola hidup sehat. Akan tetapi jika Anda mendapati tanda-tanda penyakit hernia pada diri Anda segeralah berobat agar penyakit Anda tidak semakin parah.

Add Comment