Kepala pusing berputar apakah gejala vertigo atau sakit kepala biasa?

Thursday, December 6th 2012. | Kesehatan

Drwox.com – Kepala pusing, sakit kepala, kepala terasa berputar merupakan keluhan yang lumayan cukup sering dalam praktek kehidupan sehari-hari. Vertigo secara singkat adalah kepala pusing disertai dengan sensasi berputar. Yang berputar bisa anda sendiri, atau yang berputar adalah lingkungan sekitar anda. Biasanya pasien mengeluh rumah atau bangunan berputar kencang seperti mau roboh. Selain pusing gejala yang menyertai biasanya mual, muntah, lemas, mata bergerak tidak normal, dan berkeringat. Jika terdapat seperti anggota gerak lemah sampai tak bisa digerakkan, pandangan kabur atau dobel, susah bicara atau bicara pelo maka anda wajib segera mendapatkan pertolongan oleh dokter atau rumah sakit terdekat.

pusing berputar gejala vertigo

Lalu apa penyebab vertigo

Vertigo kebanyakan disebabkan oleh gangguan di telingan bagian dalam, sistem vestibuler. Selain penyebab dari gangguan telinga bagian dalam, infeksi baik di tubuh atau dalam telinga juga dapat menyebabkan vertigo. Penyebab lainnya antara lain sirkulasi darah tidak lancar karena berbagai hal, stroke, migraine, tumor otak atau tumor batang otak, cidera kepala, obat-obatan seperti nikotin dan cafein, penyumbatan atau hambatan pembuluh darah arteri, multiple sklerosis, dehidrasi kadang juga bisa, tekanan darah terlalu rendah atau terlalu tinggi dan yang terakhir karena faktor psikis.

Jika anda memiliki gejala vertigo sebaiknya anda mengingat-ingat gejala tersebut lalu menyebutkan setiap detailnya kepada dokter anda agar dokter anda dapat mengobati anda secara tepat. Misalnya apa yang dirasakan berputarnya? Apakah anda yang berputar atau lingkungan yang anda lihat yang berputar. Berapa lama berputarnya? Apakah setiap membuka mata pasti berputar? Apakah disertai dengan mual muntah? Apakah disertai dengan nyeri kepala yang hebat? Apakah ada anggota tubuh yang lemah saat digerakkan? Apakah anda kesulitan bicara. Apakah ada infeksi telinga atau gangguan pendengaran sebelumnya. Apakah anda pernah mengalami hal ini sebelumnya?.

Sebutkan secara mendetail gejala yang anda alami kepada dokter agar anda mendapatkan pengobatan yang benar-benar sesuai. Pengalaman kami pernah mendapatkan pasien dengan keluhan pusing berputar, pasien mengatakan pernah mengalami vertigo, namun pasien tidak mengeluh apa-apa lagi. Setelah melakukan pemeriksaan fisik ternyata kami menemukan tanda kelemahan pada anggota gerak, ternyata pasien menderita stroke. Hal ini bisa menjadi keadaan yang berbahaya manakala dokter atau petugas medis tidak teliti dalam memeriksa anda. Jadi pastikan semua gejala yang anda alami diketahui oleh dokter. Dokter juga harus lebih teliti, dan lengkap dalam melakukan pemeriksaan.

Cara mengatasi atau mengobati vertigo

Pengobatan vertigo dapat diatasi dengan obat-obatan dan manipulasi secara fisik. Terapi obat-obatan menyesuaikan dengan penyebab vertigo-nya.

SHARE donk kakak...
tags: , , , ,