Komplikasi Hipertensi atau tekanan darah tinggi yang harus anda ketahui

Drwox.com – Hipertensi atau penyakit darah tinggi merupakah salah satu penyakit dengan penderita terbanyak di Indonesia. Hampir setiap hari kami sebagai penyedia layanan kesehatan primer mendapatkan pasien dengan hipertensi. Namun demikian dari sekian banyak pasien hipertensi hanya sedikit saja yang dapat diobati dengan baik.

Komplikasi hipertensi

Menurut data penelitian dari 100% penderita hipertensi ada 50% yang tidak peduli dan menyadari adanya penyakit hipertensi. Bahkan banyak orang yang tidak mengenal gejala penyakit hipertensi. Dari 50% yang menyadari bahwa dia terkena hipertensi separuhnya tidak ditangani dengan baik dan tidak terkontrol. Sisa 25%, terdapat 12,5% yang ditangani namun tidak terkontrol, dan hanya 12,5% pasien yang dapat ditangani dengan baik dan terkontrol dengan baik. Dari data ini dapat kita simpulkan bahwa sebagian besar pasien hipertensi tidak tertangani dengan baik. Pasien hipertensi yang tidak diobati secara baik dan terkontrol dapat mengalami komplikasi berbagai faktor resiko yang berbahaya. Lalu apa saja komplikasi hipertensi?

Berikut ini beberapa komplikasi hipertensi:

  1. Gangguan pada jantung
  2. Serangan stroke
  3. Gangguan fungsi ginjal
  4. Penyakit arteri (pembuluh darah)
  5. Retinopati hipertensi

Hipertensi yang tidak diobati secara rutin dapat mengakibatkan berbagai serangan penyakit di atas. Beban jantung dapat meningkat dan membebani jantung jika hipertensi tidak teratasi. Bahkan dapat terjadi jantung koroner, yang ditandai dengan pasien tekanan darah tinggi disertai nyeri dada. Hati-hati serangan jantung dapat terjadi tiba-tiba. Gagal jantung juga dapat terjadi akibat hipertensi tidak tertangani dengan baik. Stroke dapat terjadi setiap saat, pemicunya adalah karena adanya pembuluh darah otak yang pecah atau tersumbat. Kadang orang dengan hipertensi berfikir bahwa dengan minum obat terus menerus akan mengakibatkan ginjal rusak. Hal ini justru kebalikannya. Fungsi ginjal dapat terganggu bahkan dapat terjadi gagal ginjal jika hipertensi tidak terkontrol dengan baik. Pada penyakit arteri, hipertensi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan aterosklerosis yang dapat memicu berbagai komplikasi penyakit diatas.

Maka dari itulah, setiap pasien dengan hipertensi wajib selalu mengontrol secara rutin keadaan tekanan darahnya. Konsultasikan dengan dokter setiap keluhan yang dialami dan obat apa saja yang harus anda minum. Serta jangan lupa berkonsultasi secara lengkap dalam menangani hipertensi anda. Saya yakin dokter anda bersedia menjelaskan dengan baik. Jangan mencoba berbagai macam obat herbal untuk hipertensi atau pengobatan tradisional yang belum ada bukti penelitiannya, kecuali anda mendapatkan rekomendasi dari dokter anda. Ingat hipertensi harus terkontrol agar pasien hipertensi dapat terhindar dari komplikasinya.

Semoga kita semua terhidar dari penyakit hipertensi, nantikan artikel selanjutnya tentang pencegahan dan pengobatan pasien hipertensi.

Add Comment