Kuliner seafood SOLO di balekambang resto

Saturday, January 12th 2013. | Kuliner

Drwox.com – Seafood adalah makanan favorit banyak orang. Kemarin bersama keluarga kami berburu seafood lagi. Kali ini kami tertarik makan seafood karena ada promo di jalan di kota solo yang sangat mencolok. Tulisan di banner promosi tersebut “pesta kepiting”, wow.. sangat inspiratif dan menggiurkan. Akhirnya kamipun berangkat kesana., ke restoran seafood balekambang di solo.

Kuliner seafood SOLO

Kuliner seafood SOLO

Restoran seafood balekambang resto terletak di dekat taman balekambang yang baru-baru ini dipopulerkan kembali oleh mantan walikota solo, pak Jokowi. Alamat lengkapnya di jalan balekambang no 7 manahan Solo. Lokasinya juga dekat stadion Manahan solo yang terkenal itu. Tepatnya dari stadion Manahan ke arah timur. Ikuti jalan ke arah taman balekambang, nah sebelum masuk taman balekambang kiri jalan ada restoran yang cukup mencolok.

Pertama kali masuk ke restoran ini, kesan saya adalah unik. Restoran ini menyajikan pemandangan unik yang kontras sekali dengan makanan yang disajikan. Disini ikan, kepiting dan produk seafood lainnya dipajang di depan di dalam perahu yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Unik sekali, dan membuat kesan yang sangat dalam saat ingin menikmati seafood. Tempat makan disini cukup nyaman, mereka menyediakan tempat indoor dan outdoor. Tempat makan outdoor, mereka memakai meja yang terbuat dari perahu yang sudah tidak terpakai. Di dalam perahu tersebut kita disuguhi hiasan khas laut yang menarik, sungguh unik. Dikarenakan cuaca saat itu sedang kurang kondusif, angin bertiup kencang, ya kami memilih outdoor yang tak kalah nyamannya. Pegawai disini cukup ramah, baik dari tukang parkir maupun pelayannya. Parkir juga cukup luas, jangan khawatir anda membawa rombongan banyak. Saat saya datang ke sana, hari selasa siang, restoran ini cukup sepi. Hanya ada beberapa pelanggan dan keluarga kami. Mungkin jika akhir pekan lebih ramai. Walaupun masih sepi, tapi saya yakin dengan konsep dan pelayanan yang sudah baik seperti ini, restoran ini mampu bersaing dan bisa lebih maju di kemudian hari. Selain restoran di tempat ini juga menjadi pasar ikan, yang buka setiap pagi. Jika anda di wilayah solo ingin mendapatkan ikan segar, anda bisa mampir kesini.

Makanan seafood di restoran ini cukup lengkap. Yang mengejutkan di restoran ini juga ada hiu, ikan pari dan barracuda. Dimana ikan jenis itu susah sekali ditemui di solo. Oke, berikut beberapa makanan seafood yang tersedia di restoran ini : ikan nila, ikan kerapu, ikan ayam-ayam (walah ikan kok ayam?), ikan patin, berbagai jenis dan ukuran kepiting, udang, hiu cucut, bandeng tengiri, ikan sebelah, belut, lobster, kerang hijau, belut, gurame, cumi, ikan mas, betutu, ikan kuthuk dan nila. Selain itu disini juga menyediakan olahan lain selain seafood, yaitu ayam, burung dara dan daging sapi. Bihun, capcay dan nasi goreng juga ada lho. Tentunya bisa diolah dengan bumbu seafood. Untuk mengimbangi citarasa yang “full cholesterol”, di restoran ini juga menyediakan berbagai olahan sayuran seperti kangkung dan tauge. Seafood bisa dimasak macam-macam, ada yang goreng, ada juga dimasak asam manis, saus padang, saus tiram, bumbu mentega dan lain sebagainya.

Minumannya bos? Minuman standar es jeruk dan es teh tersedia dengan rasa yang nikmat. Selain itu dada es gula asam, beras kencur, dan milk shake. Aneka jus sirsak, stroberi, jambu dan semangka juga siap memuaskan dahaga anda.

Setengah jam berlalu setelah pemesanan makanan belum datang juga. Mungkin itu adalah salah satu kekurangan disini. Masaknya kurang cepat dan terkesan lama. Lha iya wong masak seafood enak itu memang perlu waktu. Tapi mereka mengakalinya dengan memberikan minumannya terlebih dahulu. Namun menunggu lama juga terbayarkan oleh rasa masakan yang lezat dan menggugah selera. Mantab pokoknya. Rasanya memang di atas rata-rata masakan seafood yang pernah saya coba.

Harganya berapa-an? Jangan-jangan mahal?! Eiits nanti dulu. Oke sebagai gambaran harga saya memesan 1 porsi kepiting masak saus padang (isinya 3 kepiting, ukuran kecil ), kerang saus tiram 1 porsi, capcay seafood, ikan kerapu bakar manis 1 porsi 3 ons, minuman es teh 3, es jeruk 2, nasi 1 cething/bakul, lalu yang dibawa pulang ikan kakap merah ukuran sedang 4 ons. Total yang saya bayar Rp 145.200,00

Bagaimana cukup murah dan menggiurkan bukan? Jika anda mampir ke solo sempatkanlah makan di tempat ini. Jika anda orang solo jangan lewatkan kuliner seafood disini. Joss tenan!

Nb: tulisan ini murni review pribadi drwox.

SHARE donk kakak...
tags: , , , , , , ,