Madu mampu mengatasi resisten obat antibiotik dan menyembuhkan luka

Drwox.com – Madu memang memiliki berbagai manfaat yang luar biasa. Terutama untuk kesehatan. sekitar satu tahun yang lalu sebuah penelitian mengungkapkan bahwa madu dapat secara efektif mengatasi resistensi obat antibiotic. Resistensi obat adalah manakala sebuah obat tidak efektif lagi untuk seorang pasien. Hal ini sering diakibatkan oleh penggunaan obat yang tidak sesuai aturan minum. Mungkin jika dilihat kasus di Indonesia banyak orang dengan mudah membeli antibiotik di apotek tanpa konsultasi dokter. Nah hal yang demikian bisa meningkatkan resiko resistensi obat.

Dari penelitian tersebut diungkapkan juga bahwa madu juga bermanfaat untuk membersihkan luka yang terinfeksi. Berdasarkan dari penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari University of Wales Institute Cardiff, madu mampu mempengaruhi pertumbuhan tiga bakteri yang sering ditemukan pada luka. Ketifa bakteri tersebut adalah Pseudomonas aeruginosa, Group A Streptococci dan Meticillin-resistant Staphylococcus aureus. Penelitian ini dipresentasikan di Inggris pada pertemuan Society for General Microbiology’s spring conference.

Madu mampu mengatasi resisten obat antibiotik dan menyembuhkan luka

manfaat lain madu yang belum terungkap

Madu yang digunakan disini adalah madu yang dihasilkan dari nektar lebah dari pohon yang ada di Selandia baru. Madu sudah sejak dulu dikenal sebagai obat tradisional yang mampu mengatasi luka. Namun baru abda terakhir ini madu diteliti secara ilmiah dan dikombinasikan dengan terapi medis. Professor Rose Cooper dalam penelitiannya menemukan bahwa madu dapat menghambat perlekatan bakteri ke jaringan tubuh sehingga hal ini akan mampu mengurangi infeksi. Bakteri yang dimaksuda adalah pseudomonas dan streptokokus. Madu juga dapat menghambat pembentukan lapisan yang dapat melindungi bakteri dari antibiotik. Jika lapisan ini terbentuk antibiotic tidak dapat membunuh bakteri, akibatnya akan terjadi infeksi yang lebih parah.

Peneliti tersebut berharap penelitian ini mampu membuka ide baru dalam mengembangkan riset tentang manfaat madu dalam mengatasi resistensi obat terutama antibiotik. Mengingat kasus resistensi obat ini semakin lama semakin meningkat.

Add Comment