Makanan Penyebab Batu Ginjal Yang Harus Dihindari

Makanan Penyebab Batu Ginjal Yang Harus Dihindari –  Ginjal yang berada di kedua sisi tulang belakang, jika mengalami nyeri di bagian tersebut kemungkinan ini penyebab awal penyakit batu ginjal. Rasa nyeri tersebut berawal dari punggung dan dibawah pinggul lalu bergerak ke bagian perut bawah serta sampai ke pangkal paha. Sementara itu, rasa nyeri juga dibarengi saat anda buang air kecil, karena adanya pergerakan dari batu ginjal ke saluran urin.

Menjaga ginjal agar tetap sehat merupakan hal yang sangat penting anda lakukan. Hal ini dikarenakan, ginjal adalah tempat pengeluaran dan penyaringan limbah pada tubuh. Apa yang terjadi, apabila ginjal anda tidak berfungsi? Maka batu ginjal dapat menyerang anda. Penyebab batu ginjal identik yang kaitannya dengan masalah makanan. Simak ulasan berikut mengenai makanan penyebab batu ginjal yang perlu dihindarkan.

Makanan Penyebab Batu Ginjal

  1. Produk Susu

Kalisium yang terdapat pada susu sanag bermanfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan tubuh seseorang. Akan tetapi, jika diberikan pada orang yang rentan terkena batu ginjal akan berbahaya.  Dalam konteks ini, karena kalsium tersebut dapat menimbulkan ekskresi kalsium pada urine akan bertambah, akibatnya akan sulit limbahanya dibuang melalui urine.

  1. Sarden

Apabila anda memiliki penyakit batu ginjal, maka mengonsumsi sarden tidak dianjurkan bahkan tidak boleh sama sekali. Hali tersebut adanay zat purin yang cukup tinggi yang menyebabkannya. Untuk menghindarinya, sebaiknya batasi mengkonsumsi sarden terlalu sering

  1. Daging

Makanan yang mengandung banyak protein dapat menjadi salah satu yang menimbulkan tekanan pada ginjal. Sebab limbah protein sulit untuk melakukan pembuangan. Sementara itu daging yang mengandung asam urat tinggi adalah salah satu penyebab faktor umum penyakit batu ginjal. Kertia anda mengetahui bahwa sebenarnarnya sering mengonsumsi daging  secara berlebihan akan berakibat pada batu ginjal

  1. Pemanis Buatan

Gunakanlah anda menggunakan pemanis alami yang kandungannya lebih baik. Hal ini dianjurkan,  karena makanan yang banyak mengandung pemanis buatan akan mengakibatkan faktor terbentuknya batu ginjal. Dalam beberapa penelitian mengatakan bahwa pemanis buatan non kalori dapat mengakibatkan rusaknya fungsi pada ginjal.  kalau makanan ini sering dikonsumsi, maka dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal.

  1. Kafein

Batasi minuman-minuman yang mengandung banyak kafein. Seperti halnya mengonsumsi kopi, teh dan soda. Apabila anda mengonsumsi  secara berlebihan dapat menimbulkan pada perkembangan batu ginjal.  Hal ini dapat terjadi akibat kadar kalsium yang tinggi pada urine. Ketika stimulan organ kelelahan yang terjadi pada diri anda, maka demikian akann memincu gagal ginjal.

  1. Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi dapat menyebabkan batu ginjal dan harus segera dihindari. Pada umumnya minuman berkarbonasi sering ditemukan pada  soda, jus kemasan serta minuman energi. Jika anda tetap keras kepala dalam minum berkarbonasi maka  resiko batu ginjal teruus meningkat.

Demikian, ulasan tentang penyebab makanan terhadap batu ginjal. Oleh karena itu, dari sekarang lakukanlah gaya hidup yang sehat dan perhatikan asupan makanan anda tanpa mengurangi kandungan gizi.

Add Comment