Makanan Sehat Selama Masa Kehamilan

Friday, February 1st 2013. | Kesehatan

Drwox.com – Masa kehamilan adalah masa yang istimewa bagi wanita. Namun, tidak semua wanita dapat menikmati masa-masa kehamilannya dengan kondisi fisik yang prima. Banyak diantaranya justru malah jatuh sakit. Kondisi tubuh yang tidak sehat selama masa kehamilan dapat beresiko fatal bagi ibu dan bayi. Oleh karena itu, wanita sangat perlu menjaga kesehatan dan kebugaran fisiknya selama menjalani masa kehamilan. Kesehatan dan kebugaran dapat diperoleh dari cara hidup sehat, olahraga, dan juga dari asupan makanan. Lalu, makanan apa saja yang diperlukan oleh ibu hamil untuk mendukung kesehatannya dan janin di dalam kandungannya? Berikut ulasannya.

Makanan Sehat Selama Masa Kehamilan

 Selama masa kehamilan, wanita sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat. Ada banyak ragam makanan sehat untuk ibu hamil yang dapat dikonsumsi secara rutin. Jenis makanan yang pertama adalah makanan berprotein. Makanan yang mengandung protein yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil antara lain telur rebus, ikan salmon, kacang-kacangan, dan susu. Ibu hamil sangat membutuhkan protein karena protein membantu sistem metabolisme dan menguatkan otot karena selama masa kehamilan kekuatan otot perut dan kaki sangat diperlukan. Jenis makanan kedua adalah makanan berserat tinggi. Buah-buahan, sayuran hijau, dan kacang-kacangan adalah jenis makanan berserat tinggi yang sangat cocok untuk ibu hamil. Selain memberikan asupan vitamin yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem imun, buah-buahan dan sayuran hijau juga penting untuk mencegah sembelit yang biasanya dialami oleh ibu-ibu hamil terutama yang usia kehamilannya sudah menginjak 7 bulan. Jenis makanan ketiga adalah makanan berkalsium tinggi seperti susu dan yogurt. Asupan kalsium yang cukup akan sangat membantu ibu dalam proses pembentukan hemoglobin dan mencegah keropos tulang. Selain itu, asupan kalsium yang seimbang dapat mencegah terjadinya pendarahan yang berlebihan saat melahirkan.

 Selain rutin mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil yang telah disebutkan diatas, jangan lupa pula atur konsumsi karbohidrat dan lemak. Karena karbohidrat mengandung zat gula dan lemak mengandung kolesterol, jadi sebaiknya kurangi dulu porsi bahan makanan tersebut dalam menu sehari-hari. Perbanyak minum air putih juga dapat membantu penyerapan nutrisi.

SHARE donk kakak...
tags: , , , ,