Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Friday, January 25th 2013. | Kesehatan

Drwox.com – Orang Indonesia dulu mengenal daun salam sebagai salah satu bumbu masakan saja karena aroma harumnya yang khas. Biasanya masakan yang dibumbui daun salam adalah daging, ikan, sayur mayur, dan juga nasi. Dengan perkembangnya ilmu pengobatan alami, daun salam kini juga dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Antara lain sakit perut, asam urat, stroke, kolesterol tinggi, radang lambung, diare, diabetes, dan lain-lain. Manfaat daun salam untuk menyembuhkan penyakit tersebut datang karena daun salam memiliki kandungan minyak esensial yang bersifat anti-jamur, anti-bakteri, dan anti-cacing.

Manfaat Daun Salam Untuk  Kesehatan

Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

 Komponen penting dari minyak esensial daun salam adalah eugenol dan metil kavikol. Daun salam juga memiliki kandungan kimia lain yang meliputi minyak atsiri, tannin, dan flavonoida. Selain daunnya, yang bisa dimanfaatkan sebagai obat dari tanaman salam adalah kulit batang akar dan buahnya. Tanaman salam memiliki nama latin Syzygium polyanthum. Daun salam sendiri merupakan jenis daun tunggal berwarna hijau tua.

 Ini dia cara menggunakan manfaat daun salam untuk mengobati beberapa macam penyakit:

 Untuk menyembuhkan diare: cuci 15 gram daun salam lalu rebus dengan segelas air sampai mendidih. Tambahkan sedikit garam Angkat lalu saring dan minum.

  • Mengobati diabetes: cuci 7 lembar daun salam, rebus dengan 3 gelas air. Biarkan sampai tersisa satu gelas air saja. Angkat lalu saring dan minum 2 kali sehari.
  • Mengatasi heartburn (rasa panas di dada dan perut): cuci 15-20 daun salam, rebus dengan ½ liter air dan pastikan anda merebusnya sampai mendidih. Kemudian masukkan gula merah sesuai selera. Minum setiap hari dan jangan berhenti sampai anda benar-benar sembuh.
  • Mengatasi berbagai penyakit kulit: siapkan daun dan kulit kayu atau akar salam. Cuci dan giling bahan-bahan tersebut sampai menjadi adonan. Terapkan pada bagian tubuh yang gatal.

 Daun salam juga bisa dijadikan ekstrak yang berkhasiat menurunkan kadar gula darah. Ekstrak daun salam diminum 3 kali sehari sebelum makan dengan dosis 250 mg setiap kali minum. Jangan ragu untuk mengambil manfaat daun salam ini bagi kesehatan tubuh Anda. Jangan lupa untuk selalu mengkonsultasikan kesehatan anda kepada dokter. ;-)

SHARE donk kakak...
tags: , , ,