Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Drwox.com – Siapa yang tidak tahu sirsak? Ini adalah salah satu buah yang rasanya manis asam dan memiliki banyak olahan sehingga Anda bisa mencicipinya dalam berbagai rasa, tidak hanya dalam bentuk jus buah. Kebanyakan orang mengira sirsak adalah buah biasa yang hanya bisa memberikan rasa yang lezat. Namun, sirsak juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ini karena di dalam sirsak ada beragam senyawa, vitamin, dan mineral yang bisa berguna untuk meningkatkan kesehatan Anda. Beragam vitamin dan mineral tersebut membantu terbentuknya sel-sel baru di dalam tubuh. Tak hanya itu, ternyata bagian dari sirsak bukan hanya daging buahnya yang berguna, namun juga daunnya. Malah, daun sirsak mengandung lebih banyak kegunaan dibandingkan dengan sirsak. Manfaat daun sirsak untuk kesehatan bisa mengejutkan Anda karena begitu banyak bahan yang bisa Anda ambil. Bahkan, pada zaman ini ada banyak toko herbal yang membuat obat dengan bahan utama daun sirsak. Anda bisa mengkonsumsi obat obatan tersebut untuk meningkatkan kesehatan. Apabila Anda ingin mengambil lebih banyak khasiat, Anda bisa mengolah langsung dari daunnya.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Yang paling utama, khasiat dari daun sirsak adalah untuk mengobati kanker. Ini karena daun sirsak berfungsi seperti kemoterapi. Bahkan, daun sirsak disinyalir lebih hebat daripada kemoterapi karena ini bisa membedakan mana sel yang abnormal mana yang normal, dan membunuh sel kanker dan membiarkan sel yang normal. Caranya adalah mengambil daun sirsak sebanyak 10 lembar dan rebus dengan 3 gelas air. Pilih daun yang tua dan biarkan air rebusan disusutkan hingga menjadi segelas air. Jangan lupa untuk konsumsi secara rutin tiap hari selama dua kali sehari selama dua minggu. Manfaat daun sirsak untuk kesehatan lainnya adalah untuk mengobati sakit pinggang. Ambil sebanyak 20 lembar, rebus dengan air sebanyak 5 gelas air. Setelah itu, susutkan air rebusannya hingga tinggal 3 lembar, dan minum setelah dingin. Cukup sehari sebanyak ¾ gelas.

 Apabila Anda memiliki bayi dan sakit mencret, tidak perlu panik. Sirsak juga bisa digunakan untuk mengobati bayi yang mencret. Caranya, ambil sirsak yang telah sepenuhnya matang dan peras. Setelah itu, saring dan ambil hanya airnya. Berikan air tersebut kepada bayi kira-kira 3 sampai 4 sendok makan hingga sembuh. Tak hanya itu, sirsak juga bisa digunakan untuk obat ambeien. Caranya cukup mudah, ambil buah sirsak, peras dan ambil airnya kira kira segelas  dan minum sehari dua kali setiap pagi dan sore. Berikutnya, daun sirsak juga bisa digunakan untuk mengobati bisul. Untuk mengobatinya, Anda juga hanya harus mengambil daun sirsak yang masih muda sebanyak 5 sampai 10 lembar. Setelah itu, tempelkan di tempat bisul tersebut berada sampai bisul tersebut mengering. Untuk obat rematik atau eksim, Anda hanya harus menumbuk beberapa daun sirsak dan tempelkan ke bagian yang sakit. Lakukan secara rutin selama beberapa hari. Itu adalah beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan.

Sedikit berbagi pengalaman, kami pernah menangani pasien kanker dengan stadium lanjut. Sebagai seorang dokter kami selalu menyarankan pasien untuk menggunakan pengobatan medis yang selama ini sudah banyak penelitiannya dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan. Namun begitu banyak pasien yang memilih untuk tidak melanjutkan atau tidak melakukan tindakan medis. Mengapa ? mereka ada yang beralasan biaya, waktu, sudah bosen dengan metode medis, dan pasrah. Walau dengan alasan apapun saya tidak boleh menyalahkan pasien, karena hal ini merupakan hak pasien dan keluarganya. Akan tetapi saya sebagai dokter juga tidak boleh membiarkan pasien tanpa pengobatan apapun. Karena saya pun tahu jika pasien tidak mendapatkan pengobatan maka kemungkinan besar penyakitnya akan semakin parah dengan cepat. Maka dari itu berbekal pengetahuan herbal dan akupuntur, saya menyarankan pasien untuk melakukan kedua metode pengobatan tersebut. Walaupun begitu untuk mengatasi gejala simptomatik saya tetap melakukan pengobatan medis.

Alhamdulillah, beberapa pasien mengalami perubahan ke arah yang lebih baik setelah melakukan pengobatan. Herbal yang kami gunakan hanya daun sirsak, madu, dan habbatus sauda (jintan hitam). Testimoni dari pasien lain untuk keluhan nyeri sendi, ulkus/luka yang parah, dan ambeien juga mengalami perubahan ke arah positif.

Semoga penelitian tentang daun sirsak ini terus dikembangkan di Indonesia. Semoga lebih banyak lagi penemuan dan penelitian yang bisa digunakan untuk dunia kesehatan. Sekali lagi, artikel ini bukan untuk mengganti peran dokter. Konsultasikan segala kondisi kesehatan anda kepada dokter secara langsung. Jangan mengambil langkah pengobatan coba-coba.

No Responses

Add Comment