Manfaat Habbatus Sauda Atau Jintan Hitam Bagi Kesehatan

Drwox.com – Saat ini anda mungkin sudah pernah mendengar tentang habbatus sauda. Habbatus sauda memang sedang popular saat ini, walaupun sebenarnya pengobatan menggunakan habbatus sauda sudah lama dilakukan oleh orang-orang di negara timur tengah. Habbatus sauda atau juga sering disebut jintan hitam merupakan obat herbal yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Walaupun pada awalnya habbatus sauda tidak terlalu terkenal dan hanya terkenal di lingkungan pengobatan tradisional, namun saat ini para peneliti juga sudah mulai mengkonfirmasi segala manfaat habbatus sauda atau jintan hitam.

 gambar kapsul habbatus sauda

Salah satu manfaat habbatus sauda atau jintan hitam yang terkenal adalah sebagai obat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jintan hitam memiliki kandungan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Jika anda mengkonsumsi 1 gram kapsul habbatus sauda dua kali sehari selama dua minggu, maka rasio antara T-cell positif dan negatif dapat meningkat hingga 72%. Maka dari itu obat ini sangat cocok bagi penyembuhan influenza, pilek, Aids ataupun beberapa penyakit yang memiliki hubungan dengan kekebalan tubuh. Dalam habbatus sauda terdapat zat betakaroten atau pro-vitamin A, potassium dan sodum yang bisa berguna sebagai sumber gizi untuk tubuh anda.

 gambar biji habbatus sauda

Jintan hitam memiliki zat yang disebut christalline nigellone yang bisa berguna sebagai obat anti alergi dan juga asma. Selain menggunakan habbatus sauda, dalam penyembuhan alergi anda juga harus berusaha untuk menghindari makanan dingin dan juga pemicu alergi. Siapa yang menyangka bahwa habbatus sauda atau jintan hitam ini juga berguna untuk pengobatan kanker. Jintan hitam mengandung asam lemak yang berguna untuk menghambat perkembangan kanker. Jintan hitam dapat menstimulasi penghasilan sumsum tulang, imunitas sel dan juga interferon sehingga dapat melindungi sel-sel normal untuk tidak terkena virus perusak sel. Banyaknya manfaat habbatus sauda atau jintan hitam sering membuat obat ini disebut sebagai obat ajaib ataupun obat menakjubkan. Sampai saat ini penelitian masih terus dilakukan untuk mengetahui kegunaan lain dari habbatus sauda. Maka dari itu sebaiknya anda menyediakan habbatus sauda di rumah untuk pengobatan anda dan juga keluarga.

biji jintan hitam
Penelitian yang bersifat ilmiah sudah sering dilakukan untuk membuktikan keampuhan jintan hitam ini. Diantaranya penelitan yang dilakukan oleh peneliti dari sebuah universitas di Maroko. Penelitian di maroko ini membuktikan bahwa tekanan darah tinggi dapat diturunkan rata-rata 15%. Secara klinis penelitian tentang hipertensi atau tekanan darah tinggi ini juga pernah diteliti oleh ilmuwan asal Iran. Pasien dengan hipertensi diberikan ekstrak habbatus sauda selama 8 minggu. Hasil penelitian ini sungguh mengejutkan. Tekanan darah tinggi pasien menurun secara signifikan, baik sistolik maupun distolik. Dengan terkontrolnya tekanan darah maka faktor resiko stroke juga akan berkurang. Namun anda harus juga berhati-hati dalam mengkonsumsi habbatus sauda. Selalu konsultasikan tekanan darah anda kepada dokter. Sedikit cerita beberapa kali saya menemui pasien hipotensi gara-gara mengkonsumsi habbatus sauda secara berlebihan. Kata pasien dari terapisnya bilang bahwa tidak ada efek samping sedikitpun. Nah pemahaman seperti ini harus diluruskan. Jika memang tidak mengerti tentang dunia kedokteran dan terapi kesehatan sebaiknya serahkan saja pada ahlinya. Hal ini juga demi keselamatan pasien. Pasien juga harus cerdas dalam menerima saran dari seseorang. Lihatlah dulu latar belakangnya, agar pengobatan yang dilakukan bisa terukur dan terkontrol dengan baik.

 gambar tanaman habatus sauda

Beberapa penelitian lain juga menyebutkan jintan hitam mampu mengatasi gejala asam urat atau radang sendi, melindungi hati, dan melindungi jantung serta pembuluh darah. Habbatus sauda juda dapat membantu dalam proses penyembuhan penyakit tuberculosis (TBC) dan juga dapat meningkatkan kesuburan. Saya yakin penelitian tentang jintan hitam ini akan berkembang semakin maju, sehingga manfaatnyapun akan lebih dikenal banyak orang.

referensi :

  1. buku trio herbal oleh trubus

Add Comment