Manfaat Lidah Buaya Ternyata Banyak Sekali

Drwox.com – lidah buaya merupakan tanaman yang sering kita jumpai. Baik di desa maupun di kota. Sekarang ini lidah buaya merupakan tanaman yang banyak dikembangkan. Lidah buaya yang memiliki nama lain aloevera merupakan jenis tanaman tropis yang menyerupai tanaman kaktus. Lidah buaya memiliki bentuk daun berdaging yang memanjang dan terdapat duri-duri bergerigi di sisi-sisinya. Lidah buaya dulunya hanya dimanfaatkan sebagai tanaman hias yang biasa ditanam di pot-pot untuk mempercantik halaman rumah. Namun, tahukah Anda jika sesungguhnya lidah buaya ini memiliki beragam manfaat khususnya bagi kesehatan? Jika Anda belum tahu apa saja manfaat lidah buaya, berikut kami berikan deskripsi singkat manfaat dari tanaman aloevera ini. Semoga ulasan tentang lidah buaya berikut dapat bermanfaat bagi anda. Lets back to nature. Mari kembali ke alam, memanfaatkan berbagai kekayaan alam untuk kemaslahatan bersama.
Lidah Buaya

Manfaat tanaman lidah buaya yang pertama adalah melembabkan kulit. Lidah buaya mengandung minyak alami yang dapat membantu mengurangi kulit kering dan bersisik. Caranya mudah, hanya dengan mengoleskan daging dari tanaman lidah buaya secara rutin di area kulit yang bersisik, diamkan hingga sedikit mongering, kemudian dibilas dengan air. Manfaat yang kedua adalah untuk mengatasi luka bakar atau kulit yang melepuh. Lidah buaya mengandung senyawa yang dapat memberi efek dingin pada kulit. Hal inilah yang membuat lidah buaya cocok untuk mengatasi luka bakar atau kulit melepuh sebagai bentuk pertolongan pertama. Manfaat yang ketiga adalah untuk membantu mengurangi ketombe pada kulit kepala. Ketombe pada kulit kepala dapat berarti kulit kepala kekurangan nutrisi yang melembabkan. Oleh karenanya untuk mengurangi ketombe, Anda dapat mengoleskan atau mengusapkan lendir yang ada pada potongan lidah buaya pada kulit kepala Anda. Jika Anda melakukannya dengan teratur, maka ketombe akan segera hilang dari kulit kepala Anda. Manfaat lidah buaya yang keempat adalah membantu mengurangi dan meredakan radang karena jerawat. Kandungan vitamin E dan C pada lidah buaya terbukti mampu menghaluskan kulit dan mengurangi radang karena jerawat. Rasa dingin dan lembab pada daging lidah buaya juga dapat memberikan efek kumulatif yang baik bagi kulit berjerawat. Manfaat kelima adalah untuk meredakan panas dalam. Mengkonsumsi daging lidah buaya maupun olahan lidah buaya dapat membantu meredakan panas dalam dan peradangan pada usus. Lidah buaya juga cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang menderita penyakit maag atau sakit pencernaan yang lain karena kandungan seratnya yang mudah dicerna.

 manfaat lidah buaya

Adapun manfaat dari lidah buaya hanya dapat diperoleh jika pengolahan dan pemanfaatanya tepat guna. Jika ingin mengolah lidah buaya menjadi bahan makanan, hendaknya kulit lidah buaya benar-benar dikupas dan lendirnya dihilangkan karena mungkin dapat menyebabkan alergi. Selain itu, pengolahan pada suhu yang tepat tidak akan menghilangkan kandungan nutrisi dan vitamin yang ada.

Add Comment