Manfaat Mentimun dan Kandungannya

Tuesday, January 15th 2013. | Kesehatan

Drwox.com – Anda tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya buah mentimun ataupun sering juga disebut ketimun. Hampir setiap rumah memiliki mentimun didapurnya. Selain bisa digunakan sebagai bahan masakan, mentimun juga bisa langsung dimakan ataupun direbus dahulu sebelum dimakan. Hampir di setiap makanan yang ada lalapannya ada mentimunnya. Mentimun juga bisa dijadikan acar sebagai pelengakap makanan tertentu, misalnya mie ayam. Hehe, baru saja saya makan mie ayam dengan acar mentimun, enak bos. Mentimun juga enak untuk dijadikan es. Sudah ada beberapa restoran yang menyediakan es mentimun. Es mentimun biasanya terbuat dari mentimun yang dihaluskan dan ditambah air, gula serta es. Tentunya bisa menjadi minuman yang menyegarkan di siang hari. Mentimun memang bagus untuk sering dikonsumsi karena banyak sekali manfaat mentimun.

Manfaat Mentimun

Manfaat Mentimun

Manfaat mentimun dan kandungannya antara lain adalah untuk perawatan kulit. Mentimun memiliki beberapa kandungan yang baik untuk kulit seperti vitamin A,B, dan C juga kandungan mineral magnesium, kalium dan juga silika. Mentimun ini sangat kaya vitamin B, dimana vitamin B baik untuk membantu metabolism tubuh, juga membantu memperbaiki persarafan. Mentimun biasanya digunakan oleh para wanita untuk mengencangkan kulit dan juga mengurangi pembengkakan pada daerah sekitar mata. Untuk kecantikan kulit, mentimun juga membantu mengurangi iritasi, terutama iritasi kulit akibat terbakar matahari. Mentimun juga baik untuk membantu pertumbuhan rambut, jadi bagi anda yang memiliki masalah pertumbuhan rambut tak ada salahnya anda mencoba mentimun. Hal ini karena mentimun mengandung silicon dan belerang.

 Mentimun juga ternyata bagus untuk pencernaan. Jika anda memiliki penyakit maag, gastritis keasaman ataupun tukak, sebaiknya anda sering mengkonsumsi mentimun untuk usaha penyembuhannya. Kandungan yang terdapat pada mentimun dapat mengusir racun yang ada di sistem pencernaan sehingga proses pencernaan anda akan semakin lancar. Mentimun termasuk makanan kaya serat sehingga dapat membantu pencernakan bisa lebih baik. Bagi anda yang ingin melangsingkan tubuh, diet dengan mentimun juga bisa menjadi alternative pilihan yang terjangkau.

 Dalam beberapa penelitian disebutkan mentimun memilki efek dalam mengurangi kanker. Hal ini karena kanker memiliki kandungan anti oksidan dan kandungan lain yang dipercaya melawan kanker. Mentimun juga dipercaya melawan bakteri, walaupun penelitian tentang hal ini masih harus dikembangkan lagi. Beberapa artikel juga menyebutkan bahwa zat yang terkandung didalam mentimun adalah zat yang dibutuhkan pankreas, sehingga mentimun juga dipercaya dapat membantu pasien dengan diabetes. Selain itu pasien dengan kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi juga disarankan untuk mengkonsumsi timun.

 Manfaat mentimun dan kandungannya yang lain adalah untuk kesehatan sendi anda. Mentimun memiliki kandungan silika yang mampu memperkuat jaringan ikat sehingga sendi anda bisa menjadi lebih sehat. Beberapa kandungan dalam mentimun seperti potassium, magnesium dan juga serat dapat membantu menjaga tekanan darah agar tetap normal. Mentimun tentunya sangat penting untuk pengidap darah tinggi maupun darah rendah. Biji mentimun juga ternyata memiliki manfaatnya tersendiri. Biji mentimun bermanfaat untuk mengusir cacing pita yang ada di saluran usus. Selain itu biji mentimun juga bisa digunakan untuk pengobatan pada pembengkakan selaput lendir hidung dan juga tenggorokan. Selain bermanfaat bagi organ dalam manusia, ternyata mentimun juga bisa digunakan untuk perawatan kuku. Kandungan silika yang ada pada mentimun dapat mencegah rusaknya kuku pada jari tangan maupun kaki. Banyak sekali bukan manfaat mentimun dan kandungannya? Jangan sisihkan lalapan anda, makanlah, terutama mentimunnya.

SHARE donk kakak...
tags: , , , ,