Manfaat Menyusui bayi – Air susu ibu – ASI

Drwox.com – Proses hamil, melahirkan, dan menyusui merupakan hal yang istimewa untuk seorang wanita. Tiga hal tersebut membuat seorang wanita menjadi sempurna seutuhnya. Setelah wanita melahirkan, menyusui merupakan hal utama yang harus dilakukan untuk melindungi bayinya dan membantu meningkatkan kesehatan ibu secara umum. Istilah yang dipakai sekarang ini adalah inisiasi menyusui dini. Yang terpenting menyusui dengan air susu ibu itu gratis, anugrah dari Tuhan, Alhamdulillah.

Manfaat Menyusui bayi – Air susu ibu – ASI

Manfaat Menyusui bayi – Air susu ibu – ASI

Menyusui akan membuat hemat pengeluaran seorang ibu, dibandingkan harus member susu formula  khusus untuk bayi. Air susu ibu juga membuat anggaran biaya untuk kesehatan keluarga menjadi lebih berkurang. Seorang bayi yang diberi minuman susu formula biasanya sering sakit-sakitan. Jika bayi tersebut sakit, biasanya akan lebih terlihat lebih berat daripada bayi yang diberi minum Air Susu Ibu (ASI). Bayi tanpa ASI mempunyai resiko lebih besar mengalami gangguan atau infeksi saluran pernafasan, infeksi virus, infeksi telinga dan permasalahan kesehatan lain.

Jika keluarga memiliki riwayat alergi, maka ASI akan lebih bermanfaat lagi. Saat bayi menyusu, zat kekebalan tubuh akan mengalir dari ibu ke bayi. Hal ini akan membuat system perlindungan tubuh bayi akan semakin meningkat. Makin meningkatnya perlindungan alami tubuh bayi maka resiko bayi terkena penyakit akan lebih rendah, demikian dengan resiko alergi.  Semakin berkembangnya bayi maka tubuhnya akan membuat kekebalan sendiri, imunitas tubuh akan meningkat sehingga penyakit tidak mudah datang. Menghisap susu dari payudara ibu akan membuat perkembangan tulang pipi dan rahang menjadi baik, bahkan ada yang menyebutkan resiko keluhan gigi untuk masa depan akan berkurang. Jadi bisa lebih menghemat uang untuk ke dokter gigi.

Air susu ibu selalu ada untuk bayinya, selalu tersedia dalam kualitasvyang paling baik. Hal ini karena air susu ibu itu super steril, bebas kuman, dan dalam kondisi suhu yang terbaik untuk diminumkan ke bayi. Air susu ibu mengandung berbagai nutrisi seperti vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan seorang bayi. Nutrisi tersebut dapat membatu perkembangan baik lebih baik lagi. Sungguh sangat menghemat dana keluarga. Tentunya sangat berbeda dengan susu formula. Selain pasti harganya mahal, susu formula kandungannya tidak seperti air susu ibu, resiko menjadi kotor atau terkontaminasi menjadi lebih tinggi. Masih ingat kasus ada susu formula yang dilaporkan mengandung suatu bakteri itu kan?

Menyusui tidak hanya bermanfaat untuk seorang bayi, namun juga sangat bermanfaat untuk sang ibu. Hisapan bayi pada payudara ibu sesaat setelah melahirkan akan menyebabkan kontraksi. Kontraksi ini akan membuat resiko perdarahan setelah melahirkan menjadi berkurang atau hilang sama sekali. Hisapan bayi ini juga akan membuat rahim menjadi pulih lebih cepat, sehingga kesehatan ibu secara umum akan meningkat. Menyusui juga akan membuat kalori seorang ibu akan terbakar lebih cepat dan lebih banyak. Otomatis hal ini dapat membantu mengurangi berat badan ibu yang sebelumnya meningkat dalam masa kehamilan. Secara psikologis, menyusui akan membuat ikatan batin antara ibu dan anak lebih baik. Hal ini kemungkinan besar akan berguna saat sang anak dewasa nanti.

Add Comment