Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan keluarga anda

drwox.com – Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan keluarga anda

Minyak zaitun merupakan obat alami yang sudah dipakai sejak ribuan tahun lalu. Pada abad modern ini penelitian tentang minyak zaitun semakin marak sehingga tersingkaplah rahasia besar manfaat yang terkandung dalam minyak zaitun ini. Satu per satu manfaat minyak zaitun terbukti secara ilmiah, sehingga banyak orang berbondong-bonding memakai minyak zaitun untuk meningkatkan kualitas kesehatan keluarga. Bahkan beberapa dokter ahli, seperti ahli jantung merekomendasikan untuk meminum minyak zaitun 2 sendok untuk menjaga kesehatan jantung kita. Minyak zaitun dapat membantu tubuh kita memerangi virus dan bakteri yang masuk ke tbuh, dan minyak zaitun dipercaya dapat mengatasi berbagai penyakit.

manfaat minyak zaitun

Minyak zaitun untuk penyakit jantung dan pembuluh darah

Minyak zaitun secara ilmiah dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh kita. Sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah. Minyak zaitun yang dikonsumsi secara rutin juga dapat menurunkan tekanan darah baik sistole maupun diastole, sehingga minyak zaitun baik sekali untuk dikonsumsi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dalam sebuah penelitian pernah disebutkan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun dalam waktu yang lama dapat mengurangi resiko terkenan penyakit stroke. Penelitian tersebut dilakukan di Perancis, dimana di negara tersebut penduduk sangat lazim mengkonsumsi minyak zaitun yang masih murni.

Dalam penelitian yang terpisah di spanyol dan amerika menemukan bahwa minyak zaitun dapat mencegah penurunan fungsi dan kerusakan pembuluh darah pada usia tua. Otomatis hal ini juga dapat membuat jantung lebih sehat.

Minyak zaitun untuk penderita kanker

Minyak zaitun mengandung antioksidan yang cukup tinggi, terutama vitamin E. Dengan kandungan antioksidan yang cukup tinggi maka dalam jangka panjang dapat mengurangi resiko terjadinya kanker. Dalam minyak zaitun juga terkandung phytonutrisi yang disebut oleochantal. Zat ini dapat mengurangi peradangan yang dapat mengurangi resiko terjadinya kanker payudara dan mengurangi resiko kekambuhan kanker di waktu yang mendatang. Selain itu masih ada beberapa zat dalam minyak zaitun yang masih diteliti dalam keampuhannya melawan kanker.

Minyak zaitun untuk berat badan dan diabetes

Walaupun mengandung banyak kalori, namun minyak zaitun dapat membantu menurunkan berat badan. Minyak zaitun juga berperan membantu pengaturan diet penderita diabetes. Minyak zaitun mengandung lemak jenuh yang rendah, kandungan karbohidrat yang sedang, dan kaya serat yang larut, hal ini diet yang baik untuk penderita diabetes. Minyak zaitun juga membantu mengurangi lemak jahat dalam darah, membantu mengontrol gula garah, serta meningkatkan sensitifitas insulin. Penelitian di spanyol menyimpulkan bahwa minyak zaitun juga dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes mellitus tipe II.

Minyak zaitun untuk tulang dan sendi

Walaupun belum ada bukti ilmiah yang cukup minyak zaitun dipercaya dapat mengurangi resiko munculnya radang sendi dan atau penyakit rematik yang sering terjadi pada wanita. Mengkonsumsi minyak zaitun dalam jumlah banyak tampaknya dapat meningkatkan mineralisasi tulang dan kalsifikasi. Ini membantu penyerapan kalsium yang memainkan peran penting dalam membantu penderita osteoporosis maupun mencegah terjadinya Osteoporosis. Osteoporosis merupakan penyakit tulang yang berbahaya jika tidak diatasi, selain mengatasi nyeri yang sering terjadi, juga harus mencegah penderita osteoporosis agar tidak jatuh., karena pasien osteoporosis rawan terjadi patah tulang yang sulit untuk disembuhkan. Penelitian tentang minyak zaitun dapat bermanfaat ut=ntuk penderita osteoporosis telah dibuktikan lewat percobaan dengan tikus.

Add Comment