Manfaat Olahraga Selama Menjalankan Ibadah Puasa

Berolahraga atau aktif secara fisik tetap perlu dilakukan meski sedang menjalani ibadah puasa. Bagi Anda yang sebelumnya rutin berolahraga, maka jangan lah menunda kebiasaan baik tersebut. Karena olahraga bagaimana pun juga akan tetap baik untuk dilakukan demi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

President Director Gold’s Gym Indonesia, Corne Van Zyl mengatakan bahwa banyak masyarakat yang selama ini menunda kegiatan olahraganya saat sedang berpuasa. Tidak sedikit yang menjadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas – malasan dalam melakukan olahraga, karena mereka takut akan merasa capek dan dehidrasi. Padahal sebenarnya hal tersebut tidak selamanya benar.

Corne juga mengatakan bahwa olahraga akan sangat baik dilakukan pada saat puasa, di mana metabolisme sedang mengalami penurunan akibat tubuh yang tidak mendapatkan makanan secara teratur. Di samping itu, hormon endorfin yang dapat menimbulkan perasaan enak dan bersemangat juga akan dikeluarkan pada saat melakukan olahraga atau aktivitas fisik. Manfaat Olahraga Selama  Menjalankan Ibadah Puasa

Corne menambahkan, melakukan olahraga dalam waktu dan porsi yang tepat saat berpuasa akan memberikan manfaat yang dapat dirasakan oleh pelakunya. Hal tersebut akan membuat tubuh menjadi tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa. Sehingga tubuh tetap membutuhkan olahraga meski sedang berpuasa.

Pada awal menjalankan puasa, tubuh akan mengalami stres karena sedang menyesuaikan diri terhadap energi dan waktu makan yang berkurang. Olahraga juga dapat membuat stres tubuh meningkat, kecuali jika dijalani dengan cara yang tepat. Sangat disarankan untuk melakukan olahraga ringan yang tidak memicu percepatan detak jantung seperti bersepeda santai, berjalan kaki, atau latihan otot menggunakan beban yang ringan.

Add Comment