Manfaat pengobatan akupuntur atau tusuk jarum untuk kesehatan

Drwox.com – Belakangan ini pengobatan alternatif di Indonesia tumbuh subur. Pengobatan alternatif tersebut beragam sekali, dari mulai herbal, akupuntur, sampai pengobatan yang berbau mistik dan tidak ilmiah. Namun demikian kita patut berhati-hati dan memilih pengobatan alternative yang memiliki dasar ilmiah dan dasar pengetahuan yang baik. Akupuntur merupakan salah satu pengobatan alternatif atau komplementer (perpaduan medis) yang cukup diminati saat ini. Akupuntur juga sudah diakui secara medis dan telah banyak penelitian medis tentang pengobatan akupuntur untuk berbagai penyakit medis. Bahkan sekarang ini telah ada pendidikan dokter spesialis akupuntur yang telah banyak mencetak dokter ahli akupuntur yang tersebar di seluruh Indonesia.

Manfaat pengobatan akupuntur akupunktur atau tusuk jarum untuk kesehatan

Akupuntur pertama kali digunakan sejak 2000 tahun yang lalu, konon merupakan salah satu teknik pengobatan tertua di dunia. Secara sederhana, teknik pengobtan akupuntur ini menstimulasi lokasi tertentu dalam tubuh manusia, kemudian stimulasi tersebut akan mengakibatkan dampak positif atau efek menyembuhkan bagi tubuh. Secara filosofinya, akupuntur berhubungan dengan energy dalam tubuh. Inti dari akupuntur adalah menyeimbangkan energy dalam tubuh sehingga fungsi tubuh dapat kembali normal dan berfungsi dengan baik lagi. Akupuntur dilakukan dengan menusuk jarum tertentu di lokasi tertentu (titik meridian), kemudian setelah ditusuk jarum dimanipulasi dengan tangan atau listrik. Saat ini di Indonesia telah banyak praktek akupuntur, baik dilakukan oleh dokter atau non dokter.

Akupunktur merupakan pengobtan utama dalam teknik pengobatan china (Traditional Chinese Medicine – TCM), dimana secara filosofis teknik ini mempercayai dua aliran energi yang berpengaruh terhadap tubuh. Kedua energy tersebut dinamakan YIN dan YANG. Yin mewakili energi lambat, dingin, dan pasif. Sedangkan Yang mewakili energi cepat, panas, dan aktif. Kondisi sehat tubuh adalah saat yin dan yang dalam kondisi yang seimbang. Energy yang mendasari akupuntur ini mengalir pada sebuah jalur yang terhubung yang dinamakan meridian. Meridian inilah yang menghubungkan ribuan titik akupuntur yang tersebar di seluruh tubuh. Pada tubuh manusia ilmu akupuntur membagi meridian menjadi 12 meridian utama dan 8 meridian istimewa. Jalur-jalur ini memang susah dimengerti dalam dunia medis barat. Namun demikian penelitian demi penelitian ilmiah telah dilakukan dan lambat laun manfaat akupuntur bisa terbukti secara medis ilmiah. Untuk pembahasan yin dan yang ini akan lebih lengkap lagi jika anda mempelajari ilmu akupuntur.

Berkembangnya teknologi membuat akupuntur semakin mudah untuk diteliti. Akupuntur dalam abad ini sudah bisa dibuktikan secara ilmiah, dan hasilnya secara nyata dapat dirasakan oleh pasien. Beberapa kondisi yang telah terbukti secara ilmiah manfaat akupuntur diantaranya menangani masalah nyeri, memperbaiki radang sendi, osteoarthritis, nyeri tulang belakang (low back pain), mual setelah operasi, mual karena kemoterapi, mual pada kehamilan, nyeri kepala, ketergantungan obat dan rokok, carpal tunnel syndrome, asma, alergi, menurunkan berat badan, disfungsi ereksi, meningkatkan stamina dan imunitas tubuh serta manfaat lainnya. Pada pengalaman kami pribadi kami menggunakan teknik pengobatan komplementer, artinya menggunakan teknik pengobatan modern dan obat-obatan dikombinasikan dengan akupuntur. Alhamdulillah hasilnya baik, beberapa pasien mengalami perbaikan yang cukup siknifikan. Bahkan saya sendiripun suka menggunakan akupuntur untuk diri saya sendiri, menusuk sendiri. 😉

Banyak dari masyarakat masih meragukan manfaat akupuntur ini. Namun anda akan berubah pikiran saat sudah mencoba teknik pengobatan tusuk jarum ini. Beberapa teori menyebutkan bahwa cara kerja akupuntur ini adalah dengan melakukan pengaturan pada system saraf. Titik akupuntur terhubung dalam system saraf, dimana jika ditusuk lalu dimanipulasi akan memacu keluarnya endorphin dan memacu system imunitas tubuh secara spesifik berpengaruh terhadap keadaan tubuh. Ada juga teori yang menyebutkan bahwa akupunktur mempengaruhi cairan kimia dalam otak. Namun teori yang kami pahami saat ini adalah akupunktur memiliki jalurnya sendiri, yang berbeda dengan pembuluh darah, saraf atau limfe. Walaupun berbeda jalur titik akupuntur yang dimanipulasi dapat mempengaruhi ketiga saluran tersebut.

Lalu bagaimana pandangan praktisi medis seperti saya ini. Akupuntur bagi medis sudah masuk ke ranah medis, walaupun masih ada aliran akupuntur tradisional. Keduanya sama-sama baik dan memiliki manfaat dalam meningkatkan kualitas kesehatan. Saya belajar akupuntur dengan pemahaman tradisional namun saya selalu meningkatkan kualitas kemampuan saya dengan mempelajari akupuntur medis.

Akupuntur juga bermanfaat untuk upaya pencegahan penyakit. Hal ini karena akupuntur dapat menyeimbangkan keadaan tubuh. Jika tubuh sudah mulai tidak enak, akupuntur akan membantu meningkatkan kualitas kesehatan anda tanpa obat. Jadi, jangan tunggu sakit untuk merasakan manfaat akupuntur. Sebagai informasi kami juga membuka klinik dengan fasilitas pelayanan akupuntur di wilayah solo, silakan mampir dan mencoba. 😉

Add Comment