Manfaat Propolis Bagi Kesehatan Tubuh

Drwox.com – Mungkin masih ada beberapa orang yang masih asing dengan istilah propolis. Propolis memang istilah yang hanya diketahui oleh orang-orang yang mengerti tentang obat-obat alami. Propolis merupakan hasil olahan lebah yang bisa anda temukan di sarang-sarang lebah. Lebah biasanya mengumpulkan getah dari berbagai dedaunan terutama daun poplar, kemudian getah tersebut dicampur oleh air liur lebah tersebut untuk kemudian digunakan lebah menambal sarang lebah dan juga mensterilkannya. Campuran getah daun dan air liur tersebutlah yang kemudian disebut propolis. Propolis digunakan lebah untuk mensterilkan sarangnya dari serangan virus, bakteri dan juga jamur sehingga sarang lebah merupakan tempat yang paling steril dibandingan tempat-tempat lain bahkan ruang operasi dokter sekalipun. Dahulu propolis hanya dibuang saja. Namun sekarang ini setelah banyak penelitian mnegungkap kandungan propolis ini, propolis menjadi barang langka yang diburu. Dan bahkan harganya sangat mahal. Yang sudah menjadi kemasan botol kecil saja harganya mencapai Rp100.000,00.

 Manfaat Propolis Bagi Kesehatan Tubuh

Propolis ternyata juga bisa bermanfaat bagi manusia. Manfaat propolis bagi kesehatan tubuh antara lain seperti sebagai zat suplemen tubuh. Propolis memiliki kandungan yang bisa membangun kekebalan tubuh. Zat yang terkandung dalam propolis antara lain adalah semua vitamin terkecuali vitamin K. Propolis juga mengandung semua mineral yang diperlukan tubuh terkecuali sulfur. Propolis juga memiliki 16 rantai Asam Amino Essensial yang memiliki kegunaan untuk regenerasi sel. Selain zat tersebut, propolis juga mengandung bioflavonoid. Bioflavonoid adalah zat anti oksidan yang digunakan sebagai suplemen sel.

 Karena sangat banyaknya kandungan yang ada propolis, maka tidak heran jika propolis bisa menyembuhkan banyak penyakit. Propolis berguna untuk mengobati luka-luka dan infeksi seperti maag, radang tenggorokan, luka bakar dan masih banyak lainnya. Segala penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti tipus, diare, muntaber ataupun penyakit lainnya bisa disembuhkan oleh propolis. Penyakit lain yang disebabkan oleh seperti demam berdarah, flu, TBC atau lainnya ternyata juga bisa dibantu kesembuhannya oleh propolis. Jika anda ingin melakukan detoksifikasi, anda juga ternyata bisa menggunakan propolis. Penyakit berbahaya seperti kanker juga ternyata bisa dibantu diobati dengan menggunakan propolis. BerBagai bukti empiris yang diungkapkan kini telah diperkuat dengan penelitian ilmiah.

 Sebuah penelitian ilomiah yang dilakukan di Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu (LPPT) Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, menghasilkan kesimpulan bahwa propolis dapat menghambat aktifitas sel kanker sampai 50%. Penelitian ini dilakukan oleh drh Pudji Astuti MP dan drh Sitarina Widyarini MP PhD dengan menggunakan hewan uji tikus betina Spraque Dawley. Walaupun percobaan ini masih dalam riset kepada hewan uji, namun dapat membuka pintu penelitian lebih lanjut tentang manfaat yang luar biasa dari propolis ini.

 Penelitian yang serupa juga dilakukan oleh dr Woro Rukmi Pratiwi MKes, SpPd dari fakultas kedokteran Universitas Gadjah Mada. Dalam penelitian ini membuktikan pemberian propolis selama satu bulan, akan menghasilkan efek anti kanker. Hal ini ditunjukkan dari berkurangnya jumlah tonjolan tumor dan menurunnya aktifitas sel kanker pada payudara mencit. Walaupun demikian efek ini lebih rendah daripada obat kanker standar yang sudah diakui secara medis. Ke depan jika penelitian ini dikembangkan diharapkan muncul terapi kanker yang efektif namun efek samping minimal bahkan sampai tidak ada.

 Memang sungguh banyak sekali manfaat propolis bagi kesehatan tubuh, maka dari itu sangat disarankan bagi anda untuk setidaknya mencoba menggunakan propolis satu kali dalam hidup anda.

 Sumber referensi :

  1.  Berbagai sumber
  2. Buku trio herbal oleh trubus

Add Comment