Menangani Benjol pada Kepala Akibat Benturan

Benturan kepala yang mengakibatkan benjol merupakan salah satu kejadian yang sering dialami sehari-hari. Benturan kepala seringkali dianggap remeh oleh kebanyakan orang, padahal seringkali penanganan dini pada benturan kepala dapat menyelamatkan hidup bila ditangani dengan cepat dan tepat. Tergantung penyebab benturan, trauma atau hantaman suatu benda pada kepala dapat menyebabkan benjolan/bengkak pada kepala, robekan kulit kepala, retak ataupun pecahnya tulang tengkorak, bahkan hingga menyebabkan pecahnya pembuluh darah di daerah kepala ataupun luka pada otak.

Benjol merupakan salah satu akibat trauma/benturan pada kepala yang pada beberapa orang terlihat mengerikan, namun tidak mengancam jiwa. Sebaliknya, seringkali benturan kepala tidak memperlihatkan tanda luka namun sangat fatal karena mengenai otak.

Bila salah satu anggota keluarga Anda mendapat benjol di kepalanya akibat benturan pada kepala, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan di rumah. Pertama, pastikan bahwa tidak ada cedera pada tengkorak ataupun otak. Tanda cedera tengkorak seperti terdapat luka yang jelas pada tengkorak, pingsan, mimisan atau keluar cairan bening dari hidung atau telinga. Tanda cedera pada otak seperti nyeri kepala, muntah lebih dari 2 kali dalam satu jam setelah kepala terbentur, cara berbicara dan atau berjalan terlihat tidak normal dan penglihatan terganggu. Adapun pada bayi atau anak bila benturan mengenai otak atau tulang tengkorak biasanya akan rewel terus menerus, sulit ditenangkan, memegangi kepalanya atau sulit dibangunkan. Awasi penderita selama setidaknya 48 jam setelah bentutan kepala, bila ada tanda gejala cedera tengkorak ataupun otak, segera bawa ke rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut.

Penanganan benjol akibat benturan pada kepala segera setelah benturan terjadi, benjol dikompres dengan air es selama 15 menit untuk membantu menghilangkan nyeri dan bengkak. Air es diberikan dalam kain atau handuk agar tidak menyebabkan luka pada kulit kepala yang benjol. Benjol biasanya akan kempis dalam beberapa hari, sedangkan memar baru bisa hilang setelah beberapa minggu, namun jangan khawatir, selama tidak ada tanda-tanda bahaya pada tengkorak ataupun otak anda tidak perlu takut. Selalu awasi penderita selama 48 jam setelah benturan.

benjolan benturan di kepala bahaya

2 Comments

  1. Imam August 27, 2017
    • drwox October 4, 2017

Add Comment