Menangani Pusing di Rumah

Pusing merupakan salah satu keluhan yang dapat dirasakan dimana saja. Pusing yang hanya berlangsung sebentar dan ringan biasanya tidak berbahaya. Bila pusing dirasakan semakin parah dan berlangsung lama, atau bila disertai dengan gejala lain, maka penderita pusing harus segera memeriksakan dirinya ke dokter untuk mengetahui penyebab pusing dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Pusing dapat disebabkan oleh banyak hal, diantaranya kurang tidur, peningkatan tekanan bola mata, infeksi di daerah kepala, pusing akibat penyakit lain, dehidrasi, benturan pada kepala, kelainan pada daerah kepala (seperti aneurisma pada otak, tumor, infeksi otak atau selaputnya). Penderita pusing harus segera berkonsultasi dengan dokter apabila: pusing yang dirasakan semaki parah dan berulang setidaknya sebulan sekali pusing yang lebih parah dari biasanya, terutama pada penderita yang berusia diatas 50 tahun pusing yang berlangsung lama dan lebih nyeri dari yang biasanya pusing yang menyebabkan anak tidak dapat beraktifitas seperti biasanya pusing yang muncul setelah pingsan, benturan atau luka pada kepala pusing yang disertai dengan gejala lain, misalnya penurunan kesadaran demam atau muntah terus menerus kejang lemah anggota gerak (tangan dan atau kaki) yang tiba-tiba atau kesulitan berjalan, menggenggam ruam pada kulit nyeri atau kaku leher nyeri tenggorokan perubahan penglihatan yang mendadak, hilang keseimbangan mata merah kesulitan bicara atau menelan

Penanganan pusing dirumah dapat dilakukan dengan beristirahat, menghindari cahaya yang terlalu terang, hindari suara yang terlalu brisik, minumlah obat penghilang pusing seperti asetaminophen atau ibuprofen. Biasanya anti nyeri akan menghilangkan atau mengurangi pusing. Bila pusing masih dirasakan, terutama bila disertai gejala lain seperti yang telah disebutkan diatas, segera periksakan penderita ke dokter atau rumah sakit terdekat. (drqq)

Add Comment