Mengapa Kita Harus Menghindari Santapan Manis yang Berlebihan Saat Berbuka Puasa?

Jika berat badan justru selalu naik saat berakhirnya bulan puasa, maka kebiasaan makan Anda saat berbuka puasa mungkin harus segera dikoreksi. Mengkonsumsi makanan manis yang berlebihan dalam waktu dekat tentunya tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Seorang praktisi kesehatan Indonesia bernama dr Phaidon L Touran menjelaskan bahwa buka puasa yang benar adalah bukan dengan makanan yang manis, namun dengan makanan yang sehat. Bahkan dalil tidak merepresentasikan kurma yang baik untuk berbuka sebagai makanan manis, melainkan sebagai makanan sehat.

Dokter Phaidon mengungkapkan bahwa berbuka puasa dengan menyantap kurma memang sangat lah baik karena kurma dapat membuat kadar gula darah menjadi naik dengan cepat. Namun, bukan berarti Anda harus berbuka dengan yang manis, tetapi dengan makanan yang sehat dan tentunya halal. hindari-makanan-manis-berlebihan-saat-buka-puasa

Jika makanan manis dikonsumsi pada saat berbuka, maka kadar gula dalam darah akan cepat naik tetapi juga akan cepat turun. Hal tersebut dapat mengakibatkan tubuh menjadi mudah lemas dan cepat mengantuk. Akibatnya akan menimbulkan efek diet yang dikenal sebagai efek “yoyo” karena peningkatan kadar gula dalam darah yang fluktuatif.

Dokter Phaidon menambahkan, makanan yang manis tentunya sangat menggiurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak. Namun makanan manis dapat memicu hormon serotonin yang akan mengakibatkan dampak seperti narkoba sehingga Anda merasa sulit untuk membatasi keinginan mengkonsumsi makanan yang manis. Hal tersebut menjadi penting untuk diperhatikan khususnya bagi mereka yang telah berusia 30 tahun ke atas.

Add Comment