Penanganan Tepat Sebagai Langkah Awal Cara Mengatasi Muntah Pada Anak

Muntah atau dalam bahasa medis disebut dengan vomiting merupakan keluarnya cairan yang berada dalam lambung secara kuat yang dikeluarkan melalui mulut. Hal tersebut umum dialami oleh anak-anak yang masih berusia balita mengingat system pencernaan di usia tersebut memang terbilang belum sempurna. Namun akan lain ceritanya jika kondisi muntah yang dialami berlangsung selama beberapa hari. Muntah pada anak jangan pernah dianggap remeh, segera cari tahu sebabnya dan tangani segera.

Terlebih jika hal ini terjadi pada anak anda, bisa saja muntah yang berlangsung secara terus menerus tersebut merupakan indikasi adanya gangguan kesehatan yang harus segera ditangani. Sebelum anda memutuskan cara mengatasi muntah pada anak dan tindakan apa yang harus anda ambil, hal yang terpenting yaitu anda harus mengetahui penyebab muntah pada anak terlebih dahulu.

  1. Penyebab Muntah Pada Anak

Mual dan muntah merupakan suatu gejala yang saling berkaitan. Sehingga anda harus memahami beberapa penyebab umum muntah berikut ini.

  • Apendisitis

Merupakan suatu penyakit radang usus buntu yang membuat perut terasa sakit yang tidak tertahankan yang lama-kelamaan akan bertambah parah.

  • Gastroenteritis

Hal ini disebabkan karena adanya infeksi mikroorganisme yang terjadi pada saluran pencernaan. Tanda-tandanya akan muncul berupa demam, sakit perut maupun diare.

  • Alergi Makanan

Tak hanya muntah, gejala yang biasanya dialami pada anak juga sering disertai dengan rasa gatal dan kulit memerah (biduran). Hal tersebut biasanya karena tubuh anak menolak reaksi dari suatu makanan.

  • Tidak Sengaja Menelan Substansi Beracun

Anak tidak sengaja menelan berbagai obat, makanan yang terkontaminasi dan bahan kimia yang menyebabkan lambung menjadi berkontraksi.

Muntah pada anak

  1. Perawatan Di Rumah
  • Air Putih

Ketika anak mengalami muntah, tubuh anak akan mengalami kekurangan cairan karena telah banyak mengeluarkan cairan. Yang terpenting dalam mengatasi muntah pada anak adalah anda harus terus memberikan air putih untuk menghindari dehidrasi. Berikan air putih tersebut sedikit demi sedikit, jika masih muntah beri jeda sampai waktu 20-30 menit kemudian berikan minumkan air putih kembali.

  • Larutan Oralit

Langkah mengatasi muntah pada anak yang selanjutnya yaitu anda bisa memberikan cairan oralit. Karena takaran larutan oralit berbeda dengan orang dewasa, sebaiknya anda cek terlebih takaran yang sesuai dengan dosis usia anak anda. Namun perlu diingat, anda jangan memaksa anak untuk meminum larutan oralit tersebut jika anak masih mengalami muntah-muntah. Oralit, mengandung mineral dan gula yang sangat membantu untuk menggantikan zat yang hilang akibat muntah.

  • Tubuh Selalu Hangat

Agar badan terasa lebih nyaman, usahakan badan sang anak dalam kondisi hangat. Anda bisa memakaikan jaket dan memandikannya dengan air hangat. Usapkan pula minyak kayu putih atau minyak telon terutama pada bagian perut dan pinggang si kecil.

Itulah beberapa hal yang dimana hal tersebut  berkaitan dengan mengatasi muntah pada anak . Dengan adanya informasi di atas, muntah pada anak anda dapat segera di tangani dengan tepat.

 

Add Comment