Mengenal Gejala kanker serviks, kanker mulut rahim, beserta stadiumnya

Saturday, September 15th 2012. | Kesehatan

Mengenal Gejala kanker serviks, kanker mulut rahim, beserta stadiumnya by drwox.com

Serviks merupakan bagian anatomi reproduksi wanita yang menghubungkan vagina dan rahim. Mengenal kanker rahim dan stadiumnya akan membuat para wanita lebih peduli dan dapat menghindari penyakit ini. Dengan mengenal penyakit ini dengan baik seorang penderita kanker serviks juga dapat menentukan pengobatan yang tepat baginya.

Gejala kanker serviks, kanker mulut rahim, stadium

Wanita wajib mengetahui gejala kanker serviks ini. Hal ini dikarenakan penyakit ini merupakan “silent killer” yang dapat membunuh penderitanya sewaktu-waktu. Mengetahui gejala kanker ini lebih dini dapat mengurangi kemungkinan penyakit ini jadi makin memburuk. Pengobatan yang lebih cepat dapat menentukan kesembuhan penderita kanker ini.

Untuk menentukan stadium penyakitt ini, biasanya dokter akan melakukan serangkaian tes penunjang diagnosis. Hal ini dilakukan agar pengobatan yang akan dilakukan menjadi lebih tepat dan efektif. Lalu apa saja gejala kanker serviks ini? Berikut ini beberapa tanda dan gejala pada kanker serviks :

  • Perdarahan menstruasi bulanan yang tidak normal,
  • Perdarahan juga sering terjadi pada  saat berhubungan intim.
  • PAsien yang menderita penyakit ini dapat mengalami anemia karena kehilangan darah dalam jumlah cukup banyak dan sering.
  • Terdapat juga cairan bau dan kental, cairan ini juga cairan tidak normal.
  • Rasa nyeri juga bisa dirasakan dari derajat ringan, sedang, sampai berat.
  • Rasa nyeri ini akan lebih terasa saat berkemih/ buang air kecil,
  • Rasa yang tidak nyaman saat berkemih.
  • Nyeri juga bisa dirasakan sampai punggung dan panggul.
  • Berat badan turun drastic
  • Nafsu makan turun

Lalu bagaimana mengetahui stadium kanker serviks? Berikut penjelasan singkatnya :

Stage 1 (baca:stadium 1 kanker serviks) : sel kanker berkembang pada rahim, sel ini mengenai jaringan lebih dalam di serviks. Kanker pada kondisi ini belum masuk secara menyeluruh leher rahim dan rahim.

Stadium 2 kanker serviks  : Ini mungkin lebih berbahaya karena sel-sel kanker sekarang di luar rahim dan leher rahim dan ada kesempatan besar untuk merusak bagian atas vagina. Pada saat tahap ini penyebaran belum masuk ke dinding pelvis atau bagian-bagian vagina yang lebih rendah.

Stadium 3 kanker serviks : dalam tahap ini, ada penyebaran sel kanker ke dinding panggul dan / atau bagian bawah vagina. Ada kemungkinan besar menghalangi ureter dan tabung saluran air seni dari ginjal ke kandung kemih.

Mengenal gejala kanker serviks adalah pilihan terbaik agar terbebas dari bahaya risiko kanker yang mematikan ini. Dengan mengetahui gejala dan stadium penyakit ini diharapakan kesadaran kita tentang kanker ini menjadi lebih baik. Jika anda mengalami hal tersenut di atas sebaiknya anda langsung menghubungi dokter anda untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

SHARE donk kakak...
tags: , , , , , , , ,