Mengenal Kanker Otak Secara Umum

Pertumbuhan sel-sel dalam tubuh secara abnormal dapat menyebabkan penyakit mematikan, salah satu contohnya adalah kanker otak. Kanker ini terjadi akibat sel-sel otak mengalami pertumbuhan secara tidak normal. Timbulnya kanker ini dapat terjadi di sel-sel otak primer, yaitu sel-sel yang membentuk komponen-komponen dalam otak, seperti contohnya membran otak atau pembuluh darah. Bisa juga terjadi karena sel kanker tumbuh pada organ lain dan menyebar sampai ke otak, yang dihantarkan oleh aliran darah. Ini disebut kanker otak metastasis.

Meskipun kasus pertumbuhan sel-sel abnormal lebih sering disebut tumor, kenyataannya tidak semua tumor otak dapat memicu kanker. Kanker sendiri adalah istilah yang dipakai jika tumor tersebut sudah mengganas. Tumor ganas ini terus tumbuh dan menyebar dengan sangat cepat. Lalu, ia mengambil alih kinerja sel-sel yang sehat dengan cara merebut nutrisi, darah, dan ruang sel-sel sehat tersebut. Hal ini dikarenakan sel-sel tumor sendiri juga membutuhkan nutrisi dan darah untuk bertahan. Ini menjadi masalah di dalam otak karena seiring pertumbuhan sel yang semakin bertambah, pinggiran otak yang tertutup dapat memicu pada meningkatnya tekanan intrakranial atau pembelokan struktur-struktur vital di sekitar otak. Kasus ini di tahap yang selanjutya dapat memicu kegagalan kinerja sel.

kanker otak

Bagaimana dengan tumor yang tidak tumbuh secara agresif? Ini disebut tumor jinak. Pada kasus tumor jinak, hampir keseluruhannya yang bermula di otak, tidak tersebar ke bagian tubuh yang lain. Perbedaan utama antara tumor jinak dan ganas adalah tumor ganas dapat menginvasi jaringan-jaringan pada otak dan tumbuh dengan sangat cepat. Pertumbuhan yang luar biasa cepat ini juga dapat dengan cepat memicu kerusakan jaringan otak. Secara umum, tumor jinak tidak terlalu berbahaya, atau tidak seberbahaya tumor ganas yang kemudian bisa menjadi kanker otak. Namun, tumor jinak juga bisa menimbulkan berbagai masalah pada otak. Akan tetapi, perkembangannya lebih lambat daripada tumor ganas.

Beberapa orang bingung beda aneurisma otak dengan tumor otak. Aneurisma otak bukanlah tumor. Aneurisma adalah sebuah area di dalam arteri atau pembuluh darah dalam otak yang kinerjanya lemah dan tidak normal lalu melebar membentuk sejenis balon atau pelebaran pada dinding pembuluh darah. Aneurisma ini jarang menimbulkan berbagai gejala kecuali jika kasusnya dimulai dengan bocornya darah di sekitar jaringan otak. Penyakit ini bisa bersifat turunan atau bawaan dari lahir atau bisa juga terbentuk dan mengembang dalam pembuluh darah otak setelah terjadi kerusakan di sana. Jika anda pernah trauma terhadap sesuatu, maka itu adalah akibat dari kasus ini. Contoh lainnya adalah hipertensi dan arterosklerosis. Namun, contoh-contoh ini tidak terbentuk dari sel-sel kanker. Namun sayangnya, jika aneurisma ini menimbulkan gejala secara umum, gejala-gejala aneurisma ini bisa menyerupai gejala tumor otak.

Add Comment