Mengenal Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

Drwox.com – Buah duku, siapa yang tidak mengenal buah bulat kecil imut ini. Selain rasanya enak buah duku juga memiliki berbagai manfaat. Duku memiliki nama latin Lansium domesticum Corr. Tanaman ini memiliki batang pohon yang berkayu dan tumbuh cukup tinggi. Duku asli berasal dari Indonesia. Namun, ada juga yang mengatakan duku berasal dari Thailand. Dahulu buah ini banyak ditemukan di sepanjang semenanjung Thailand sampai ke Kalimantan Timur. Dan sekarang, duku juga bisa ditemukan di Pulau Jawa dan Sumatera bahkan tersebar luas ke seluruh Asia. Duku menjadi salah satu buah tropis favorit yang memiliki rasa unik dan juga manfaat baik untuk kesehatan. Mari kita ketahui apa saja manfaat buah duku untuk kesehatan. Buah duku memiliki komposisi zat gizi yang hebat. Setiap 100 gram buah duku mengandung 70 kal, protein 1,0 g, lemak 0,2 g, 13 g karbohidrat, 0,7 g mineral, kalsium 18 mg, fosfor 9 mg dan 0,9 mg zat besi. Kandungan kalori, mineral dan zat besi dalam duku lebih tinggi dari apel atau jeruk. Duku juga mengandung serat makanan alias serat yang bermanfaat untuk membersihkan sistem pencernaan dan menangkal radikal bebas. Sehingga Anda akan terhindari dari kanker kolon dan jenis kanker lain. Selain buahnya yang segar, kulit dan biji duku bermanfaat untuk mengobati diare dan demam. Kulit duku juga sering digunakan untuk mengobati gigitan serangga dan dijadikan obat disentri. Itulah manfaat buah duku untuk kesehatan yang pastinya membuat Anda ingin segera mengonsumsi buah tersebut.

Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

Mari Mengenal Manfaat Buah Duku

Di Indonesia, kita bisa menemukan beberapa jenis duku yang secara luas dibudidayakan, antara lain varietas Komering, Metesih, Condet dan Kalikajar. Tanaman ini tumbuh baik di daerah subur dengan iklim basah dann curah hujan tinggi. Sayangnya, pohon duku merupakan pohon buah musiman yang hanya berbuah setahun sekali. Pada awal musim hujan (September-Oktober) kita bisa melihat bunga duku mulai bermunculan. Dan enam bulan kemudian sekitar Februari-Maret, buah sudah bergantungan cabang dan ranting serta siap dipanen. Buah duku mentah berwarna hijau dan rasanya sangat asam. Kulitnya masih tebal dan bergetah. Sedangkan saat matang, kulit akan berubah menjadi kuning dan sedikit lebih tipis. Daging buahnya pun akan terasa sangat manis. Kebanyakan orang memakan buah duku secara langsung. Namun jika Anda mau mengembangkan kreativitas, duku dapat dibuat menjadi hidangan variatif seperti pudding, koktail buah, atau selai.

 Untuk membuat pudding duku misalnya, Anda cukup memblender buah duku yang sudah diambil bijinya. Setelah lembut, campurkan dengan tepung agar-agar. Setelah didinginkan di lemari es, jadilah pudding duku yang manis dan segar.  Kemudian, jika Anda ingin mencoba membuat selai duku, siapkan 1500 gram daging duku, 600 gram gula, 100 ml air, 5 gr gelatin, 30 ml jus lemon dan ½ sendok teh essens vanili. Campur semua bahan lalu panaskan sampai mengental dan berwana kuning. Setelah dingin, simpan dalam toples kaca yang ditutup rapat. Selai duku siap dinikmati kapan saja. Begitu juga manfaat buah duku untuk kesehatan bisa selalu Anda dapatkan. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

Add Comment